Kenali Gejala Kolesterol Tinggi, Jangan Sampai Fatal

Orang yang mengalami kolesterol tinggi kadang tidak menunjukkan gejala khusus. Tapi ada ciri-ciri khusus pada orang yang kena kolesterol tinggi

Kenali Gejala Kolesterol Tinggi, Jangan Sampai Fatal
Shutterstock
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM - Tidak sedikit orang mengalami mengalami kolesterol tinggi gegara makanan dan gaya hidup. Kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 miligram (mg) sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke.

Seperti dilansir situs konsultasi kesehatan Health.com dan DechaCare.com, orang yang mengalami kolesterol tinggi kadang tidak menunjukkan gejala khusus. Tapi ada ciri-ciri khusus pada orang yang kena kolesterol tinggi, berikut ini:

1. Rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang.
2. Pegal ini juga sampai ke pundak
3. Kaki bengkak
4. Mudah capai
5. Gampang mengantuk.

Yang paling akurat untuk mengetahui apakah orang menderita kolesterol tinggi atau tidak tentu saja dengan tes laboraorium. Jika kadar kolesterol melebihi 240 mg, itu artinya sudah batas peringatan yang harus diturunkan.

Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke.

Meskipun kolesterol tinggi itu sendiri tidak secara langsung menyebabkan kelelahan, tapi kondisi-kondisi yang ditimbulkan dapat membuat orang lebih mudah lelah alias capai.

Kolesterol tinggi juga memiliki dampak pada tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Risiko terburuknya, gumpalan-gumpalan lemak bisa menyumbat aliran darah sehingga bisa memicu kematian akibat serangan jantung atau stroke.

Masalah kolesterol tinggi dialami ratusan juta orang di seluruh dunia. Penyebab utamanya kebanyakan adalah karena makanan. Tapi selain makanan ada penyebab lain yang patut Anda ketahui.

Tujuh penyebab kolesterol tinggi:

1. Makanan sehari-hari
Kolesterol umumnya berasal dari lemak hewani seperti daging kambing, meski tidak sedikit yang berasal dari lemak nabati seperti santan dan minyak kelapa. Beberapa makanan yang selama ini diyakini sehat seperti telur, juga banyak mengandung kolesterol.

Halaman
12
Tags
kolesterol
Editor: Rendy Sadikin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help