Tahun 2025, Indonesia Diprediksi Memiliki Jumlah Lansia Terbesar di Dunia

Lansia adalah penduduk yang berusia di atas 60 tahun.

Tahun 2025, Indonesia Diprediksi Memiliki Jumlah Lansia Terbesar di Dunia
jktproperti.com
Ilustrasi lansia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini Indonesia jumlah lanjut usia (lansia) di Indonesia menduduki peringakat ketiga terbanyak di dunia.

Lansia adalah penduduk yang berusia di atas 60 tahun.

Diprediksi seiring peningkatan tingkat kesejahteraan, Indonesia akan menjadi jawara dengan hal jumlah lansia tahun 2025 mendatang, yakni berjumlah 36 juta jiwa.

"Sejak organisasi didirikan tahun 1994, kami telah memprediksi tahun 2025 kita akan memiliki penduduk lansia terbesar di dunia," kata Arya Guvinda Roosheroe dari Persatuan Gerontologi Medik Indonesia saat temu media di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Dikatakannya berdasarkan sensus penduduk 2010, jumlan lanjut usia 18,1 juta jiwa atau 7,6 persen penduduk. Tahun 2014 lalu, jumlah lansia mencapai 18,78 juta orang lebih.

Banyaknya jumlah lansia ini, maka sangat penting penataan usia lanjut. Apalagi saat lansia terkena penyakit maka penanganan sulit dan kompleks.

"Masalahnya tidak saja berkaitan pada fisik tapi juga psikososial. Perlu pelayanan yang optimal bagi lansia," katanya.

Organisasi ini, sebut dia, berperan dalam pembinaan kepada profesi yang punya minat pelayanan orang usia lanjut. "Kami memberikan kebijakan pelayanan usia lanjut dan penyuluhan," katanya.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help