5 Rutinitas Ini Ternyata Bisa Bantu Bayi Merasa Nyaman

Tahukah Ibu bahwa hal terbaik dan paling mudah kita lakukan untuk bayi-bayi kita adalah membiasakan mereka dengan rutinitas?

5 Rutinitas Ini Ternyata Bisa Bantu Bayi Merasa Nyaman
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Setiap orang tua mencintai anak-anaknya melebihi apa pun di dunia.

Kita menyematkan harapan yang tinggi untuk mereka, menginginkan yang terbaik untuk mereka dengan cara apa pun yang mungkin. 

Namun, tahukah Ibu bahwa hal terbaik dan paling mudah kita lakukan untuk bayi-bayi kita adalah membiasakan mereka dengan rutinitas?

Rutinitas adalah hal yang luar biasa bagi bayi-bayi. “Rutinitas” tidak harus berarti stuktur-struktur militan, dari jam-ke-jam. 

Namun, rutinitas bisa ketat atau longgar sesuai dengan keinginan Ibu dan bayi. Ibu bisa membuat aturan menurut kepribadian Ibu dan bayi.

Bagaimanapun cara Ibu membuat pola, rutinitas akan memberi Ibu banyak manfaat. Ini alasannya: 

1. Rutinitas memungkinkan bayi-bayi merasa aman. Ketika seorang bayi rewel untuk memberi tahu Ibu bahwa ia lapar, atau menguap untuk memberi tahu ia ngantuk, atau tampak jengkel karena ia bosan, ia sedang berkomunikasi dengan Anda tentang kebutuhannya.

Ketika Ibu memenuhi kebutuhan-kebutuhan itu, Ibu sedang menunjukkan rasa cinta, dan ketika kebutuhan-kebutuhan itu ada pada kerangka waktu yang bisa diprediksi, cinta itu muncul lagi dan lagi. Bayi akan merasa aman dan diperhatikan. 

2. Rutinitas memungkinkan Ibu membangun ikatan dengan bayi. Menurut Karen Ruskin, Psy. D, penulis The 9 Key Techniques for Raising Respectful Children Who Make Responsible Choices, rutinitas “membantu membentuk ikatan orang tua-anak.”

Saat bayi belajar untuk mengandalkan Ibu dan rutinitas makan, tidur, atau menyusu, ia menjadi terikat pada Ibu. Ibu adalah pengasuh yang telah melakukan tugas dengan baik. Ibu juga akan merasa lebih terikat dengan bayi, ketika bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. 

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help