Kenali 7 Tanda Diabetes Mellitus Pada Anak

Dalam kasus diabetes mellitus tipe 1, pankreas anak berhenti memproduksi insulin yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Kenali 7 Tanda Diabetes Mellitus Pada Anak
ISTIMEWA
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Sejauh ini diabetes mellitus tipe 1 adalah bentuk paling khas di kalangan anak-anak dan remaja.

Kenaikan prevalensi diabetes mellitus tipe 1 di kalangan anak-anak dan remaja, berkaitan dengan kesulitan mengidentifikasi tanda-tanda dan gejala.

Dalam kasus diabetes mellitus tipe 1, pankreas anak berhenti memproduksi insulin yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Konsekuensisnya, kita harus mengganti insulin ini dalam tubuhnya. Oleh karena itu, diabetes mellitus tipe 1 juga dikenal sebagai insulin-dependent diabetes.

Bagaimana jika anak kita menderita diabetes mellitus tipe 1?

Pertama, orang tua harus berlapang dada menerima kenyataan itu. Terpending, orang tua harus memonitor kadar gula darah anak, memberinya suntikan insulin, dan memantau asupan karbohidratnya.

Tanda-tanda diabetes mellitus tipe 1 pada anak-anak memiliki kecenderungan untuk berkembang dengan cepat selama periode beberapa minggu.

Apa saja sinyal yang paling khas dari jenis diabetes mellitus di kalangan anak-anak dan remaja ini?

1. Menurut Boldsky.com, tanda yang paling kelihatan pada anak-anak adalah ia mudah kelelahan. Anak akan lesu dan lelah sepanjang waktu.

2. Anak-anak dengan diabetes mellitus tipe 1 lebih rentan untuk terhadap infeksi jamur, terutama anak perempuan dan bayi.

3. Diabetes mellitus tipe 1 pada anak-anak dapat mengganggu penglihatannya sehingga membuat penglihatan kabur pada anak-anak.

4. Ada perubahan perilaku pada anak dengan diabetes mellitus tipe 1. Mereka akan tiba-tiba menjadi mudah marah, murung, rewel, dan tertekan.

5. Anak kehilangan berat badan secara drastis meski kuantitas makanan sama? Jangan-jangan dia menderita diabetes mellitus tipe 1. Segera periksakan ke dokter.

6. Diabetes mellitus tipe 1 pada anak-anak bisa juga menyebabkan kelaparan ekstrim. Mereka akan berakhir makan apa pun yang tersedia di lemari es atau meja makan.

7. Anak menderita diabetes mellitus tipe 1 akan sering haus dan sering buang air kecil.

Penulis : Menda Clara Florencia

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Tabloidnova.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help