Kebanyakan Asupan Vitamin Justru Merusak Badan, Yuk Kenali Tanda-tandanya!

Pendapat lain mengatakan penggunaan vitamin C secara berlebihan tidak akan mengakibatkan apa-apa, karena dapat dibuang dengan cepat oleh tubuh.

Kebanyakan Asupan Vitamin Justru Merusak Badan, Yuk Kenali Tanda-tandanya!
ISTIMEWA
Vitamin C alami banyak terdapat pada buah-buahan segar seperti pepaya, stroberi dan kiwi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Orang bilang, vitamin E bisa membuat kita awet muda. Apa betul? Vitamin E memang berguna untuk proses peremajaan sel-sel tubuh kita.

Namun, kalau terlalu banyak mengonsumsi vitamin E akan mengakibatkan rasa mual, lelah, pandangan mengabur, juga ada kecurigaan bahwa penggunaan vitamin E secara berlebihan akan menekan vitamin A yang masuk ke dalam tubuh.

Gejala lainnya ialah nyeri di mulut, bibir pecah, otot melemah, kadar gula darah menurun, gangguan pada saluran pencernaan, dan perdarahan yang berlebihan.

Bukan hanya vitamin E saja yang bila dikonsumsi berlebihan dapat merugikan kesehatan kita, tetapi juga vitamin-vitamin lain dan mineral yang pada jumlah tertentu kita butuhkan.

Akhir-akhir ini ada beberapa pendapat yang saling bertentangan mengenai penggunaan vitamin yang berlebihan, yang dikenal  dengan istilah megadosis. Megadosis terutama digunakan pada vitamin-vitamin C, E, dan A.

Dari penelitian terhadap tikus, penggunaan vitamin-vitamin A dan vitamin C berlebihan memang dapat memperpanjang umur tikus yang dimasukkan sel kanker.

Bahkan pada kasus sel yang dimasukkan masih dalam tahap pra kanker, dengan penggunaan vitamin A dan C dalam jumlah besar dapat menghilangkan sama sekali bakal sel kanker itu.

Selain itu beberapa ahli berpendapat bahwa penggunaan vitamin E berlebihan juga dapat mengobati suatu jenis anemi yang jarang terjadi, yang diderita oleh bayi-bayi.

Namun menurut Muhilal, peneliti pada Biokimia Gizi, Departemen Kesehatan, dari beberapa kejadian dan juga dugaan, menjelaskan bahwa penggunaan vitamin secara berlebihan dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh manusia.

Kelebihan vitamin A dapat mengakibatkan nafsu makan berkurang, sakit kepala, muntah-muntah, kelainan pada kulit, sakit-sakit pada tulang, penghambatan pertumbuhan, bahkan pada binatang percobaan penggunaan vitamin A berlebihan dapat mengakibatkan kematian.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help