Agar Nyaman Perjalanan Mudik dengan Si Kecil, Ini Saran Anna Surti Ariani

Orangtua harus tenang saat menjalani perjalanan mudik, karena hal itu juga akan memengaruhi kenyamanan si kecil

Agar Nyaman Perjalanan Mudik dengan Si Kecil, Ini Saran Anna Surti Ariani
NET
Ilustrasi Mudik Lebaran 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mudik atau pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi sebagian besar warga Indonesia saat libur hari raya. Setiap tahunnya, jutaan masyarakat Indonesia rela menempuh padatnya arus mudik agar bisa bersilaturahmi kepada orang tua, keluarga, dan kerabat lainnya di kampung halaman.

Di tengah padatnya arus lalu lintas saat mudik, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Bunda dan si Kecil untuk bisa menjalani tradisi mudik dengan nyaman dan menyenangkan.

Lantas bagaimana saat harus mudik bersama si kecil?  “Agar mudik dengan si kecil nyaman, orangtua harus bisa menikmati perjalanan," kata Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi. di Jakarta belum lama ini.

Dikatakannya, orangtua harus tenang saat menjalani perjalanan mudik, karena hal itu juga akan memengaruhi kenyamanan si kecil.

Orangtua, terutama Bunda sebaiknya melakukan persiapan yang baik sebelum mudik dengan mencari informasi yang jelas tentang jalur mudik yang akan dilalui, termasuk tempat peristirahatan.

"Carilah tempat peristirahatan yang nyaman. Saat si Kecil mulai rewel dan merasa tidak nyaman dalam kendaraan, beristirahatlah dan ajak si kecil bermain sejenak di tempat dengan fasilitas yang ramah untuk Bunda maupun si Kecil," katanya.

Usai beristirahat, niscaya Bunda dan si Kecil akan merasa nyaman kembali dan siap untuk melanjutkan perjalanan mudik dengan tetap ceria.

Nina menambahkan, perjalanan mudik yang cukup jauh bisa dimanfaatkan orangtua sebagai momen yang tepat untuk saling berinteraksi dengan si Kecil serta mengenalkannya kepada lingkungan yang jarang ia temui sehari-hari.

"Melalui momen mudik lebaran, orangtua juga dapat membangun dan mengembangkan keterampilan sosial si kecil sejak dini karena mereka dapat berinteraksi dengan banyak orang,” katanya.

Sementara, dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, mengatakan, sebelum melakukan perjalanan jauh, Bunda tentunya juga harus memastikan kondisi kesehatan sendiri dan si kecil.

Halaman
123
Penulis: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help