Sering Minum Antibiotik Berisiko Kena Kanker Usus

Antibiotik merupakan jenis obat-obatan untuk menekan dan menghentikan perkembangan bakteri atau mikroorganisme berbahaya yang berada di dalam tubuh.

Sering Minum Antibiotik Berisiko Kena Kanker Usus
NOVA
Meskipun biasanya antibiotik direkomendasikan untuk bisa dikonsumsi hingga 7 hari berturut-turut, kebiasaan mengonsumsi antibiotik bisa menimbulkan efek samping seperti jerawat dan TBC. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Munculnya gangguan kesehatan tertentu seringkali membuat kita harus mengonsumsi antibiotik.

Antibiotik merupakan jenis obat-obatan untuk menekan dan menghentikan perkembangan bakteri atau mikroorganisme berbahaya yang berada di dalam tubuh.

Namun, penggunaan antibiotik selama 15 hari atau lebih berturut-turut bisa meningkatkan risiko tumbuhnya kanker usus. Para peneliti menemukan, penggunaan antibiotik dalam jangka waktu panjang bisa menambah risiko tumbuhnya polip usus.

Meskipun biasanya antibiotik direkomendasikan untuk bisa dikonsumsi hingga 7 hari berturut-turut, namun konsumsi antibiotik bisa menimbulkan efek samping seperti jerawat dan TBC.

Dipublikasikan dalam jurnal Gut, para ilmuwan meneliti data dari lebih dari 16.000 perempuan berusia di atas 60 tahun.

Penelitian dilakukan dengan melihat perempuan yang mengonsumsi antibiotik minimal 15 hari di usia 20-39 tahun dan 40-59 tahun berisiko terkena kanker usus lebih besar.

Hanya dalam waktu 2 bulan penggunaan antibiotik, kelompok usia 20-39 tahun memiliki peningkatan risiko terkena kanker usus sebesar 36 persen.

Kemudian, pada kelompok usia 40-59 tahun memiliki risiko sebanyak 69 persen lebih tinggi dibanding yang tidak mengonsumsi antibiotik.

Penelitian ini membuktikan bahwa kita harus mengatur dan tidak mengonsumsi antibiotik dalam jangka waktu yang panjang, agar terhindar dari risiko terkena kanker usus.

Reporter : Dionysia Mayang/Sumber : www.dailymail.co.uk

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Tabloidnova.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help