Kasus Rubella Terus Mengalami Peningkatan Setiap Tahun

Menurut Lely, penyakit campak dan rubella cukup sulit untuk dideteksi secara langsung.

Kasus Rubella Terus Mengalami Peningkatan Setiap Tahun
SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
Petugas medis memberikan Vaksinasi Kampanye imunisasi MR yang merupakan campak dan rubella (MR) pada siswa di SMPN 20 Kota Malang, Selasa (1/8/2017). Imunisasi MR merupakan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk anak usia sembilan bulan hingga 15 tahun sebagai komitmen global untuk membasmi virus campak rubella yang bisa memicu kecacatan dan kematian pada anak. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rubella merupakan penyakit akut yang bisa menginfeksi anak dan dewasa.

Penyakit rubella kerap terjadi pada wanita yang disertai gejala demam tinggi, bercak kemerahan atau ruam pada kulit yang biasanya di bagian telinga belakang yang disertai dengan pilek dan batuk.

"Jika wanita hamil terserang rubella, wanita tersebut dapat mengalami keguguran atau melahirkan bayi yang memiliki kelainan pada jantung, mata, pendengaran, dan pada sistem saraf pusat," kata Lely, seorang bidang di Kelurahan Pengadegan, Jakarta Selatan dalam keterangannya, Jumat (11/8/2017).

Untuk itu, orang tua pun didesak untuk segera memberikan imunisasi Measles dan Rubella (MR) pada anak usia sembilan bulan hingga kurang dari 15 tahun demi menghindarkan anak dari penyakit kelainan bawaan.

Target di Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan sebanyak 26.000 anak sudah mulai diimunisasi vaksin rubella, sedangkan 4.200 anak di Kelurahan Pengadegan, Jakarta Selatan sudah divaksinasi campak dan rubella.

Penyakit campak (measles) rubella dikhawatirkan dapat mengakibatkan munculnya penyakit berbahaya seperti meningitis, diare, paru-paru basah, kerusakan pada otak, bahkan menyebabkan kematian.

Kasus campak dan rubella terus meningkat di setiap tahunnya, peningkatan tersebut disebabkan oleh pola hidup yang kotor dan banyaknya anak-anak yang gemar makan-makanan cepat saji.

Menurut Lely, penyakit campak dan rubella cukup sulit untuk dideteksi secara langsung. Cara mendeteksinya harus berdasarkan hasil analisis laboratorium melalui tes darah, namun tes darah untuk mendeteksi penyakit campak dan rubella cukup mahal.

Di rumah sakit swasta tes darah untuk mendeteksi penyakit Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus atau biasa dikenal "TORCH" bisa mencapai Rp500.000 hingga Rp2,5 juta. Untuk itu, Lely menegaskan bahwa vaksin untuk Measles Rubella adalah halal.

"Vaksin Measles Rubella ini berasal dari PT Biofarma dan sudah teruji bebas dari sel babi, bahkan ada fatwa MUI Nomor 4 yang menyatakan bahwa demi kepentingan umat imunisasi diperbolehkan," kata Lely.

Lely berharap kesadaran masyarakat terhadap kesehatan terus meningkat sehingga mulai membawa anaknya untuk diberikan imunisasi Measles Rubella agar terlindung dari berbagai penyakit mematikan.

Saksikan video "Mengapa Harus Investasi?"

Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help