Inovasi MICS untuk Penanganan Bedah Jantung, Irisan Hanya 5 Centimeter

Seiring perkembangan bedah jantung yang sangat pesat, tubuh pasien tidak akan dibedah dan dijahit panjang

Inovasi MICS untuk Penanganan Bedah Jantung, Irisan Hanya 5 Centimeter
Shutterstock
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Teknologi bedah jantung tumbuh kian cepat.

Kini ada inovasi bendah jantung terbaru yakni Minimal Invasive Cardiac Surgery (MICS).

“MICS adalah inovasi bedah jantung terbaru dengan irisan hanya 5 sentimeter dan lama perawatan pasien selama 3-4 hari," kata dr Maizul Anwar SpBTKV selaku dokter spesialis bedah thoraks kardiovaskular dan ketua Siloam Heart Institute (SHI).

Menggunakan alat bantu scope berlampu yang bisa dilihat secara langsung atau melalui layar televisi, dokter bedah jantung akan membuka dinding dada sebelah kanan sebesar 5 sentimeter dengan posisi di antara tulang iga untuk memasukkan peralatan,” jelas

 "Biasanya bedah jantung dilakukan melalui irisan besar pada dada dengan membelah tulang dada untuk mendapatkan akses langsung ke jantung,' katanya.

Baca: Awas, Nyeri pada Ulu Hati, Bisa Jadi Mengindikasikan Penyakit Jantung Koroner

Seiring perkembangan bedah jantung yang sangat pesat, tubuh pasien tidak akan dibedah dan dijahit panjang.

"Bedah jantung dengan metode MICS juga memungkinkan pasien melanjutkan aktivitasnya sekitar 3 minggu setelah operasi,' katanya.

Dikatakannya, minimnya rasa sakit serta penyembuhan yang singkat membuat pasien lebih memilih untuk melakukan MICS, tetapi MICS dilakukan sebagai alternatif dari open heart surgery dengan menyesuaikan kondisi pasien.

SHI didukung dengan fasilitas yang lengkap, peralatan canggih, dan tim dokter multidisiplin untuk menangani berbagai kasus bedah jantung.

"Selain itu, tim SHI juga akan berdiskusi bersama untuk memastikan setiap pasien mendapatkan penanganan jantung secara maksimal,” kata Maizul.

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help