Jawaban Mengapa Tempe Bagus untuk Perempuan

Makanan asli Indonesia, yang disebut-sebut dalam Serat Centini dan buku History of Java karangan Stanford Raffles, itu bukan lagi santapan pinggiran

Jawaban Mengapa Tempe Bagus untuk Perempuan
Tribun Batam/Argianto
Perajin tempe menata tempe usai mengalami proses peragian di pabrik pembuatan tempe yang terletak di Kampung Belian, Batam, Selasa (27/8/2013). Melemahnya mata uang rupiah berakibat pada naiknya harga kedelai impor. Harga bahan baku kedelai asal Malaysia di Batam mengalami kenaikan dari Rp 380 ribu menjadi Rp 425 ribu per 50 kilogram sejak dua minggu terakhir. Tribun Batam/Argianto 

TRIBUNNEWS.CO, JAKARTA - Tari tampak asyik curhat kepada Ayu, karibnya. Ia bingung memikirkan kado di Hari Ibu buat mamanya.

Semua pilihan Ayu dia anggap biasa saja. “Kalau begitu, dikado tempe saja,” sahut ayu.

“Tempe itu banyak manfaatnya lho buat perempuan. Nyokap lo pasti surprised.”

Ibu mana yang tak terkejut dihadiahi tempe oleh anaknya di Hari Ibu? Namun, lebih dari itu, kado pilihan Tari mengingatkan kembali betapa tempe memberi banyak manfaat.

Makanan asli Indonesia, yang disebut-sebut dalam Serat Centini dan buku History of Java karangan Stanford Raffles, itu bukan lagi santapan orang pinggiran.

Badan Kesehatan Dunia WHO bahkan mengakuinya sebagai makanan berkhasiat yang dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit.

WHO berbicara begitu setelah hasil penelitian tentang senyawa pembentuk tempe di sejumlah negara maju, seperti Jepang, AS, Inggris, dan Jerman, berbuah positif.

Tak heran, berbagai buku resep tentang cara mengolah tempe kini bermunculan di negara-negara kaya itu.

Penganan diet

Sebelumnya, perlu diluruskan bahwa tempe yang dimaksud di sini adalah tempe hasil fermentasi kedelai dengan inokulum Rhizopus sp. yang berwarna putih kapas.

Halaman
123
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help