Wanita Ternyata Lebih Rentan Alami Depresi Setelah Kehilangan Pasangan

Sebuah studi yang dilakukan lembaga Independent Age melibatkan lebih dari 2.000 wanita yang berduka atas kematian pasangannya.

Wanita Ternyata Lebih Rentan Alami Depresi Setelah Kehilangan Pasangan
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka
Stres merupakan salah satu tanda-tanda depresi yang harus diatasi sedini mungkin. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah penelitian mengungkap, wanita lebih sulit menghadapi berita kematian pasangan hidupnya, rentan mengalami kesepian, kesedihan, dan depresi.

Sebuah studi yang dilakukan lembaga Independent Age melibatkan lebih dari 2.000 wanita yang berduka atas kematian pasangannya.

Baca: Tips Membersihkan Lensa Kamera DSLR

Survei mendapati, wanita hampir dua kali lebih mungkin untuk merasa kesepian, sedih, bahkan depresi, setelah berkabung ketimbang dengan pria. Terlebih wanita yang telah berusia lebih dari 50 tahun.

Sementara 30 persen dari wanita mengatakan bahwa kesepian adalah hal yang paling sering mereka rasakan dan sulit diatasi setelah kehilangan orang yang mereka cintai, hanya 17% pria yang mengutarakan hal tersebut.

Penelitian menunjukkan perbedaan mencolok antar jenis kelamin dalam cara mengatasi kesedihan.

Namun survey menunjukkan, bahwa wanita lebih mungkin untuk merasa lebih baik ketika berbicara dengan teman-teman tentang perasaan mereka selama proses berduka.

Sekitar 53% responden setuju bahwa mengobrol dengan orang-orang terdekat dapat membantu mereka mengatasi rasa sedih, kesepian, dan depresi, tetapi hanya 35% pria melakukan hal tersebut.

Karena cenderung terbuka, wanita juga lebih mungkin untuk mencari dukungan praktis dan emosional dari orang lain, meski satu dari empat wanita melaporkan tidak melakukan hal tersebut.

Secara keseluruhan, wanita merasa kesepian selama delapan bulan setelah kehilangan pasangan mereka, tapi satu dari lima orang masih merasa kesepian hingga tiga tahun kemudian.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help