Pola Makan Sehat dan Kegiatan Fisik yang Baik untuk Pencegahan Diabetes

Bila tak ditanggulangi dengan tepat, kondisi ini dapat menyebabkan penurunan produktivitas, disabilitias, dan kematian dini

Pola Makan Sehat dan Kegiatan Fisik yang Baik untuk Pencegahan Diabetes
ISTIMEWA
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Diabetes merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah akibat gangguan pada pankreas dan insulin.

Data International Diabetes Federation tahun  2015  menyatakan jumlah estimasi penyandang Diabetes di Indonesia diperkirakan sebesar 10 juta.

Riskedas 2013 angka penyandang Diabetes di Indonesia sudah mencapai 9,1 juta sehingga menunjukkan adanya peningkatan jumlah penyandang Diabetes di Indonesia.

Seperti kondisi di dunia, Diabetes kini menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia.

Sample Registration Survey tahun  2014 menunjukkan bahwa Diabetes merupakan penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia dengan persentase sebesar 6,7%, setelah Stroke (21,1%) dan penyakit Jantung Koroner (12,9%).

Bila tak ditanggulangi dengan tepat, kondisi ini dapat menyebabkan penurunan produktivitas, disabilitias,  dan  kematian dini.

Kondisi inilah yang mendorong Lions Club Jakarta Selatan (LCJS) – Fun Age Matahari, Jakarta Selatan membuat kegiatan edukasi mengenai Diabetes melalui talkshow serta pengecekan gula darah.

Baca: Inilah 7 Tanda Awal Diabetes yang Sering Diabaikan

“LCJS -  Fun Age Matahari merasa terpanggil untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan penyakit Diabetes. Bila masyarakat sudah teredukasi dengan baik mengenai penyakit Diabetes, maka mereka dapat melakukan tindakan preventif untuk mencegah penyakit Diabetes, (Diabetes type 2). Dan bila yang sudah menjadi penyandang Diabetes, dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik. “jelas Metta Sutrisno, President Lions Club Jakarta Selatan  - Fun Age Matahari di Jakarta, Sabtu (4/11/2017).

Dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional 2017 ini, LCJS – Fun Age Matahari, memilih tema seputar Diabetes, karena semakin meningkatnya jumlah penyandang Diabetes di Indonesia.

Halaman
123
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help