Kondisi Tubuh yang akan Terjadi Bila Berhenti Olahraga

25-35 persen orang dewasa ternyata berhenti berolahraga setelah lima bulan memulainya.

Kondisi Tubuh yang akan Terjadi Bila Berhenti Olahraga
Tribunnews/JEPRIMA
Pemilik Zealot Muaythai Jerry Luhukay saat melatih anak didiknya di Zealot Muay Thai Markas, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Rabu (13/9/2017) malam. Sasana olahraga beladiri asal Thailand merupakan cabang kedua yang dibuka sejak akhir Mei 2017 dan selalu menarik minat khalayak terutama di kalangan muda. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - Ada banyak alasan mengapa kita terpaksa berhenti berolahraga rutin: Cidera, sering lembur, atau pindah kantor yang jaraknya cukup jauh sehingga tak sempat lagi olahraga.

Berhenti olahraga satu atau dua hari juga seringkali molor menjadi seminggu, bahkan berbulan-bulan.

Faktanya, 25-35 persen orang dewasa ternyata berhenti berolahraga setelah lima bulan memulainya. Kondisi kebugaran tentu akan berubah setelah kita tak lagi berolahraga.

Nah, ketahui apa saja efek lain yang akan dialami tubuh.

1. Kondisi pembuluh darah dan jantung

Aerobic fitness diartikan sebagai kemampuan tubuh membawa dan memanfaatkan oksigen dari darah ke otot atau disebut juga dengan VO2max.

Setelah satu atau dua minggu tak berolahraga, kemampuan tersebut akan menurun.

Baca: Saat Kakak Ipar Campuri Urusan Rumah Tangga Adik, Bogem Mentah Diterima Juwita

"Fungsi kapasitas jantung juga akan berkurang. Setelah 3-4 minggu bed rest, laju jantung istirahat juga akan meningkat 4-15 beat, dan volume darah menurun sampai 5 persen dalam 24 jam dan 20 persen dalam dua minggu setelah absen olahraga," kata dokter terapi fisik Danielle Weis.

Jika Anda baru rutin berolahraga, kurang dari 6 minggu, lalu berhenti, maka penurunan tingkat kebugaran akan lebih cepat dibanding orang yang sudah tahunan berolahraga.

Meski begitu VO2max Anda tetap lebih tinggi dibanding orang yang tidak pernah olahraga.

3. Kelenturan berkurang

 Tentunya semua manfaat kelenturan yang selama ini didapatkan dari melakukan pemanasan rutin sebelum olahraga akan berkurang.

Otot dan tendon juga akan mulai kembali ke bentuk seperti saat kita masih kurang aktif bergerak, misalnya saat kebanyakan duduk di kantor atau nonton televisi.

Berita sudah dimuat di Kompas.com dengan judul: Saat Berhenti dari Olahraga Rutin, Apa yang Dialami Tubuh?

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help