Amankah Cara Memberi Makan Bayi Pakai Baby Led Weaning yang Lagi Tren Diikuti Emak-emak Zaman Now?

Akhir-akhir ini metode pemberian makan bayi dengan cara kekinian, yaitu Baby-Led Weaning menjadi tren di kalangan ibu-ibu muda zaman now.

Amankah Cara Memberi Makan Bayi Pakai Baby Led Weaning yang Lagi Tren Diikuti Emak-emak Zaman Now?
net
Pemberian makan pada bayi dengan metode Baby-Led Weaning

TRIBUNNEWS.COM - Akhir-akhir ini metode pemberian makan bayi dengan cara kekinian, yaitu Baby-Led Weaning menjadi tren di kalangan ibu-ibu muda zaman now.

Metode Baby-Led Weaning diperkenalkan oleh Rapley dan Markett pada tahun 2005, setelah buku mereka yang berjudul Baby Led Weaning: Essential Guide to Introducing Solid Foods and Helping your Baby to Grow Up a Happy and Confident Eater dipublikasikan.

Metode pemberian makan pada bayi yang berbeda dari metode pemberian MPASI versi World Health Organization (WHO) ini, menyebar luas hingga akhirnya menjadi tren, setelah banyak di-share dan menjadi bahan perbincangan di media sosial.

Ilustrasi makanan bayi
Ilustrasi makanan bayi (TRIBUNNEWS.COM/ANITA K WARDHANI)

Kenapa bisa seperti itu? Karena memang metode Baby-Led Weaning bisa dibilang metode baru dan bertolak belakang dari metode yang telah ada selama ini.

WHO menyarankan pemberian MPASI alias makanan pendamping ASI ini dimulai paling lambat saat bayi berusia 6 bulan (timely), dengan memerhatikan kecukupan zat gizi pada MPASI (adequate), aman dan higienis dalam penyiapan dan pemberian (safe), serta diberikan secara responsif (responsive feeding).

Sedangkan Baby Led Weaning membiarkan bayi memilih sendiri semua makanannya sejak awal pemberian MPASI.

Baca: Bunda Ingin Mengolah Ubi Ungu Jadi Makanan Bayi? Perhatikan Hal Ini Ya

Intinya, metode Baby Led Weaning menyarankan bayi diberi finger food, yaitu makanan yang dapat dipegang oleh bayi sejak bayi berusia 6 bulan, tanpa melalui tahap pemberian makanan berkonsistensi lunak (bentuk puree atau lumat).

Selain itu, dalam metode Baby Led Weaning, orangtua hanya menentukan apa yang ditawarkan untuk dimakan oleh bayi, tetapi yang menentukan apa yang akan dipilih untuk dimakan, berapa banyak, dan seberapa cepat menghabiskannya adalah si bayi sendiri.

Makanan bayi
Makanan bayi ()

Menghenai metode ini, dr. Cut Nurul Hafifah, Sp.A menulis artikel dengan judul "Betulkah Baby-Led Weaning Lebih Baik?" yang dipublikasikan oleh www.idai.or.id (7/11/2017).

Halaman
123
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help