Jintan Hitam, Rempah Kuno Kaya Khasiat! Pengobat Penyakit Hingga Panaskan Ranjang

Jintan hitam atau habbatussauda (nigella sativa) merupakan rempah-rempah yang sudah lama terkenal sebagai tanaman obat.

Jintan Hitam, Rempah Kuno Kaya Khasiat! Pengobat Penyakit Hingga Panaskan Ranjang
net
Jintan hitam 

TRIBUNNEWS.COM - Jintan hitam atau habbatussauda (nigella sativa) merupakan rempah-rempah yang sudah lama terkenal sebagai tanaman obat.

Rempah-rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam. Sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Jintan hitam mempunyai banyak nama. Di antaranya black seed, black caraway, natura seed, jintan hitam, black cumin, dan kaluduru.

Digunakan sebagai pengobatan herbal sejak 2.000-3.000 SM. Tercatat dalam banyak literatur pengobatan kuno seperti Ibnu Sina (980 - 1037 M), Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim, dan Al-Baghdadi.

Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat jintan hitam untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernapasan.

Selama ribuan tahun, jintan hitam dikenal dan sering dimanfaatkan untuk mengobati beragam penyakit.

Namun, lewat berbagai riset dan penelitian, manfaat terbesar dari rempah-rempah ini sebenarnya adalah membantu menguatkan daya tahan tubuh.

Jintan hitam bisa membantu meningkatkan kadar jumlah sel T (limfosit) dalam tubuh. Sel T ini memegang peranan penting dalam sistem toleran tubuh dan daya kendali terhadap sel lain untuk membangun imun tubuh.

Baca: Waspada! Banyak Orang Tanpa Gejala Tapi Bisa Menularkan Difteri

Dan, dengan imun tubuh yang kuat, serangan berbagai penyakit bisa ditangkal sejak dini.

Halaman
12
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help