Inisiatif Zakat Indonesia

Rumah Singgah Pasien IZI Kini Hadir di Kaltim Yang Dilengkapi Armada Ambulance Baru

Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) mendirikan Rumah Singgah Pasien (RSP) yang bertempat di Jalan Indrakila

Rumah Singgah Pasien IZI Kini Hadir di Kaltim Yang Dilengkapi Armada Ambulance Baru
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Bersama Staf Ahli Bidang Sosial, Kesejahteraan dan Pengembangan SDM Kota Balikpapan Diah Muryani, Direktur Pendayagunaan IZI Nana Sudiana dan Kepala Perwakilan IZI Kalimantan Timur Ardhani meresmikan Rumah Singgah Pasien (RSP) yang bertempat di Jalan Indrakila No. 41 Rt. 29 Kelurahan Gunung Samarinda, Kota Balikpapan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fx Ismanto

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - Salah satu permasalahan yang sering dialami keluarga pasien dhuafa dari luar kota adalah bingung untuk mencari tempat tinggal selama jalani pengobatan di rumah sakit rujukan.

Dalam hal ini, rumah sakit yang menjadi rujukan di daerah Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) yaitu Rumah Sakit Dr. Kanujoso Djatiwibowo.

Inilah yang menginisiasi Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) mendirikan Rumah Singgah Pasien (RSP) yang bertempat di Jalan Indrakila No. 41 Rt. 29 Kelurahan Gunung Samarinda, Kota Balikpapan. Utamanya untuk memudahkan warga dhuafa dalam menjalani perawatan di rumah sakit.

Ambulance IZI diresmikan oleh Walikota Balikpapan.
Ambulance IZI diresmikan oleh Walikota Balikpapan. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

RSP IZI ini diresmikan oleh Walikota Balikpapan yang pada kesempatan ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Sosial, Kesejahteraan dan Pengembangan SDM yaitu Diah Muryani pada Rabu (03/01/18).

Dihadiri pula dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Puskesmas, Rumah Sakit Swasta setempat, Aparatur TNI POLRI, Kementrian Agama Kota Balikpapan, Baznas Balikpapan, Forum Zakat Kaltim, serta para donatur yang sudah berpartisipasi dalam program RSP IZI.

Diah Muryani dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat mendukung inisiatif pendirian RSP oleh IZI yang bertujuan mengatasi persoalan masyarakat ini.

Direktur Pendayagunaan IZI Nana Sudiana.
Direktur Pendayagunaan IZI Nana Sudiana. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

"Saya mewakili Walikota Balikpapan mengucapkan terima kasih atas inisiatif yang dihadirkan oleh LAZNAS IZI yang telah mendirikan Rumah Singgah Pasien ini. Hal ini jelas sangat membantu warga Balikpapan agar mereka mampu fokus menjalani perawatan, dan utamanya bagi keluarga tidak perlu terbebani biaya ongkos pergi pulang dari daerah ke kota yang mahal."

Demikian disampaikan Staf Ahli Bidang Sosial, Kesejahteraan dan Pengembangan SDM Kota Balikpapan, Diah Muryani ketika memberi sambutan yang bertempat di RSP IZI Balikpapan pada Rabu (3/1).

Diah menambahkan, menurutnya banyak masyarakat yang enggan berobat ke rumah sakit karena tidak memiliki biaya untuk tranportasi dan inap selama masa pengobatannya, walau biaya pengobatannya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Kepala Perwakilan IZI Kaltim Ardhani.
Kepala Perwakilan IZI Kaltim Ardhani. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

"Kondisi disini banyak masyarakat yang enggan berobat ke rumah sakit karena tidak memiliki biaya untuk tranportasi dan inap selama masa pengobatannya, walau biaya pengobatannya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Tentu saja hadirnya RSP IZI adalah solusi bagi warga Balikpapan," Tambah Diah.

Halaman
12
Penulis: FX Ismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help