Penyebab Sering Sakit Kepala Saat Bangun Pagi, Ini dari Sepele Sampai Berbahaya

Pada umumnya, sakit kepala saat bangun pagi disebabkan oleh dehidrasi setelah 7-8 terlelap tanpa asupan air

Penyebab Sering Sakit Kepala Saat Bangun Pagi, Ini dari Sepele Sampai Berbahaya
Shutterstock
Ilustrasi sakit kepala

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  – Sakit kepala bisa terjadi kapan saja, termasuk ketika Anda bangun tidur di pagi hari. Untuk mencari obatnya, Anda harus lebih dulu tahu apa yang menyebabkannya. 

Ada banyak penyebab sakit kepala saat bangun tidur. Simak penjelasan yang akan diberikan Hello Sehat (hellosehat.com) berikut ini.

Pada umumnya, sakit kepala saat bangun pagi disebabkan oleh dehidrasi setelah 7-8 terlelap tanpa asupan air.

Sakit kepala setelah bangun tidur juga bisa terjadi akibat anjloknya tekanan darah sementara karena Anda mengubah posisi dari rebahan ke posisi duduk atau malah bangkit berdiri dengan cepat dan mendadak.

Namun, sakit kepala di pagi hari juga bisa disebabkan oleh:

1. Migrain
Migrain adalah sakit kepala yang biasanya dimulai pada satu sisi kepala, tetapi dapat menjalar memengaruhi kedua belah sisi. Penyebab mingrain belum diketahui pasti, tapi dicurigai fungsi otak yang tidak wajar jadi memengaruhi sinyal saraf, zat kimia, dan pembuluh darah di otak.

Rasa sakit migrain sering digambarkan sebagai nyeri berdenyut parah yang bisa bertambah buruk ketika terpapar cahaya terang, misalnya lampu kamar atau sinar matahari pagi. Perubahan cuaca yang ekstrim dari dingin ke panas, atau sebaliknya, juga dapat memicu gejala migrain kambuh Migrain juga bisa dipicu oleh kondisi lain, seperti hidung yang tersumbat karena pilek atau flu.

Ibuprofen dapat membantu meredakan gejala migrain.

2. Kurang tidur
Kurang tidur akan meningkatkan hormon stres (kortisol dan adrenalin) yang dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Kurang tidur juga meningkatkan jumlah hormon tiroid dalam tubuh, sehingga menyebabkan peningkatan tekanan darah dan gangguan aliran darah yang keluar dari jantung. Hal ini menyebabkan otot jantung bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Pada akhirnya, semua respon berantai ini bisa menyebabkan sakit kepala di pagi hari.

Beberapa gangguan tidur, seperti insomnia, sleep apnea, dan bruxism (kebiasaan menggemeretak gigi saat tidur) juga bisa membuat Anda sulit tidur nyenyak. Hal ini bisa semakin memperburuk keluhan sakit kepala saaat bangun pagi.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help