Sederet Fakta Seputar Bayi Tabung yang Jarang Diketahui

Hampir semua pasangan ingin memiliki keturunan. Tapi, ada cukup banyak pasangan yang mengalami kesulitan mendapatkan buah hati.

Sederet Fakta Seputar Bayi Tabung yang Jarang Diketahui
Shutterstock
Ilustrasi bayi tabung. 

TRIBUNNEWS.COM - Hampir semua pasangan ingin memiliki keturunan. Tapi, ada cukup banyak pasangan yang mengalami kesulitan mendapatkan buah hati.

Pada beberapa kasus infertilitas atau ketidaksuburan, mungkin dokter akan menyarankan Anda menjalani proses bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF).

Baca: Mbah Mijan Prediksi Ruben Onsu Bakal Tertimpa Masalah Tahun Ini

Baca: Kementerian PUPR Resmikan Rusunawa Khusus Lansia

Sebelum memutuskan, Anda pasti ingin tahu gambaran beberapa hal, mulai dari prosedur, tingkat keberhasilan dan risiko yang mungkin muncul. Inilah gambaran singkat IVF yang perlu Anda ketahui.

1. Infertilitas wanita menyumbang 40 persen dari semua kasus kesulitan mendapat keturunan, sedangkan infertilitas pria menyumbang sebesar 30 persen dan 30 persen sisanya disebabkan oleh infertilitas pada kedua pasangan dan infertilitas yang penyebabnya tidak bisa dijelaskan.

2. Awalnya IVF dikembangkan untuk membantu wanita yang memiliki masalah dengan saluran tuba mereka. Sekarang, IVF digunakan secara lebih luas untuk berbagai macam masalah kesuburan.

3. Selama perawatan IVF, biasanya ovarium dirangsang dengan obat penyubur untuk mendorong produksi lebih dari satu sel telur pada satu waktu.

Sel telur kemudian dikumpulkan dan dibuahi dengan sperma pasangan di laboratorium sebelum diinjeksikan ke dalam rahim.

4. Tingkat keberhasilan IVF tergantung pada sejumlah faktor, termasuk penyebab infertilitas, teknik dan prosedur yang dilakukan dan usia Anda.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved