Gigi Sensitif

Gigi Ngilu Tiba-tiba? Hindari Makanan dan Minuman ini!

Apakah gigimu sering tiba-tiba terasa ngilu? Jika iya, mungkin kamu menderita gigi sensitif. Rasa ngilu yang diderita sangat menyiksa.Kadang membuat s

BizzInsight
Gigi Ngilu Tiba-tiba? Hindari Makanan dan Minuman ini!

TRIBUNNEWS.COM – Apakah gigimu sering tiba-tiba terasa ngilu? Jika iya, mungkin kamu menderita gigi sensitif. Rasa ngilu yang diderita sangat menyiksa. Kadang membuat serba salah.

Mau makan dan minum jadi tidak enak, bahkan untuk sekedar berinteraksi dengan orang terdekat pun jadi sulit. Soalnya, ketika rasa ngilu itu muncul, gigi akan langsung terasa “nyut-nyutan” bahkan kadang bisa membuat pusing kepala.

Meski makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin juga bisa menyebabkan pusing kepala, yang berujung bisa menganggu aktivitas sehari-hari. Dilansir dari everydayhealth.com, ada beberapa jenis makanan yang harus kamu waspadai, agar terhindar dari rasa ngilu.

1. Soda

Soda adalah salah satu makanan atau minuman yang paling utama harus dihindari oleh para penderita gigi sensitif. Menurut seorang professor Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Columbia, New York, John T. Gbbic, DMD, soda mengandung dua bahan yang bisa menyebabkan iritasi pada saraf gigi, dua bahan ini adalah gula dan asam

2. Kopi Panas

Minuman yang panas bisa menyebabkan ngilu gigi, dan menambahkan gula pada kopi panasmu akan memberikan rasa sakit yang lebih hebat lagi. Seorang dokter gigi di Hunsvile, Alabama menyarankan untuk mengganti gula dengan susu, karena susu bisa membantu menurunkan sedikit temperature kopimu yang masih panas dan juga menurunkan kadar keasaman pada kopi. Jadi kopi yang kamu minum tidak akan terlalu merusah keadaan gigi.

3 . Es Krim

Berbeda dengan kopi, es krim justru sangat dingin dan membuat gigi lebih sensitif, apalagi ditambah dengan kandungan gulanya, makin menimbulkan ngilu di gigi. Dokter Taylor juga mengatakan kalau orang dengan gigi sensitif tidak memiliki atau hanya memiliki lapisan luar gigi yang berfungsi sebagai lapisan pelindung. Tanpa lapisan ini, saraf gigi jadi tidak terlindungi membuat suhu makanan jadi lebih mengganggu.

4. Permen

Ketika kamu memiliki gigi yang sensitif, jauhi permen bertekstur keras seperti lollipop dan peppermints. Selain kandungan gulanya yang tinggi dan dapat memberikan rasa sakit di gigi, permen-permen ini juga menyebabkan gigi berlubang.

Hindari juga permen bertekstur kenyal seperti jelly, caramel, toffee, dan lain sebagainya, teksturnya bisa membuat permen-permen ini menempel pada gigi dan menyebabkan gigi jadi lebih terasa ngilu.

5. Buah Asam

Buah seperti nanas, anggur, lemon, dan jeruk nipis adalah buah dengan kandungan asam yang tinggi, dan keasaman ini dapat membuat gigi jadi lebih sensitif. Hal ini karena keasamannya melunturkan lapisan luar gigi. Efeknya akan terasa sama apabila kamu memakan buah ataupun dalam bentuk jus.

6. Tomat

Meskipun tomat adalah sumber vitamin yang baik, terutama vitamin C, namun tomat juga sangat asam, jadi pastikan hindari mengkonsumsi tomat jika kamu memiliki gigi yang sensitif. Hal ini berlaku jika kamu mengkonsumsi tomat mentah ataupun saus tomat.

Setelah menghindari makanan dan minuman ini, lakukan juga pencegahan lain dengan menjaga kesehatan gigi dan mulutmu. Berikan perlindungan yang kuat pada gigi yang sensitif untuk menjauhkan gigi ngilu. Untuk perlindungan yang semakin maksimal, gunakan pasta gigi yang tepat, seperti pasta gigi Sensodyne.

senosdyne splash green

Sensodyne, sebagai passta gigi sensitif dengan penjualan no. 1* di Indonesia, terus melakukan inovasi pada produk-produknya untuk membantu meringankan rasa sakit yang disesbabkan gigi sensitif, sekaligus memberikan perlindungan dari rasa ngilu. Sensodyne sudah teruji klinis mampu memberikan perlindungan 24/7 dan dapat digunakan sebagai pasta gigi harian.

Jadi, jauhi makanan penyebab gigi sensitif dengan melengkapi produk perawatan kesehatan gigi dengan Sensodyne.

*Perhitungan dan klaim PT Sterling Products Indonesia berdasarkan data yang dilaporkan oleh Nielsen Retail Index untuk varian Gigi Sensitif pada kategori Pasta Gigi selama periode 12 bulan yang berakhir di bulan Juli 2017 untuk pasar perkotaan Indonesia. (Copyright © 2017, Nielsen) 

Penulis: Dessita Chairani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved