Lebaran 2018

Waspada 5 Masalah Kesehatan yang Sering Timbul Saat Lebaran

Seringkali,menu Lebara mengandung minyak, santan, dan gula, yang dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Waspada 5 Masalah Kesehatan yang Sering Timbul Saat Lebaran
pinterest.com
ilustrasi makanan indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lebaran tinggal menghitung hari. Suguhan lezat khas Hari Raya, semisal opor ayam, sambal goreng ati, rendang, hingga lontong sayur, sudah mulai terbayang.

Sebagian orang tidak ingin melewatkan nikmatnya hari kemenangan tersebut. Tak jarang, mereka jadi kalap dan beberapa keluhan kesehatan pun menghampiri.

Anda perlu waspada terhadap hidangan yang sering kali disajikan saat lebaran. Seringkali, makanan tersebut mengandung minyak, santan, dan gula yang dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Sebaiknya, Anda mengontrol pola dan porsi makan. Jika tidak, berikut lima masalah yang bisa menimpamu saat atau usai Lebaran:

1. Maag
Penderita maag memang wajib berhati-hati untuk mengatur pola makannya. Terlebih, pola makan kita berubah saat menjalani puasa dalam 30 hari ke belakang.

Terkadang, penderita maag lupa tak bisa menahan untuj menyantap segala hidangan yang tersedia di meja makan, termasuk makanan yang pedas, panas, berminyak dan bersantan.

Menyicipi makanan tersebut boleh saja. Tapi ingat, Anda perlu mengatur porsi dan waktu makan Anda dengan baik.

Gejalan sakit maag bisa dirasakan melalui sakit atau nyeri perut, sering bersendawa, nyeri pada lambung dna ulu hati, sering bersendawa, mual hingga muntah.

2. Diare
Penyakit ini sering dijumpai saat lebaran, sebab makanan atau minuman yang Anda konsumsi terkontaminasi bakteri, virus atau parasit.

Halaman
123
Penulis: Ria anatasia
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help