Lebaran 2018

Waspadai Kebanyakan Opor, Sambar Goreng, Rendang dan Kue Manis Bisa Picu Penyakit Ini

Penyakit yang umum muncul saat Lebaran biasanya adalah gangguan pencernaan seperti diare dan maag

Waspadai Kebanyakan Opor, Sambar Goreng, Rendang dan Kue Manis Bisa Picu Penyakit Ini
resepmasakanayam.com
Opor ayam 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, PEKALONGAN - Saat lebaran tiba, opor, sambal goreng, rendang dan kue-kue manis lainnya menjadi makanan 'wajib'.

Ternyata  makanan lezat yang ada saat Lebaran itu juga memiliki potensi menimbulkan beberapa penyakit jika dimakan secara berlebihan.

Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Tuti Widayanti menuturkan, makanan santan menjadi penyebab utama munculnya penyakit.

Penyakit yang umum muncul saat Lebaran biasanya adalah gangguan pencernaan seperti diare dan maag.

"Nah apalagi kalau Lebaran makanannya banyak santan, itu pencernaan, mulai dari diare, kemudian maag, terus kemudian batuk pilek karena minum es juga," tuturnya, kepada Tribunjateng.com, di sela open house Wali Kota Pekalongan, di Guest House Wali Kota Pekalongan, Jalan Bahagia, Pekalongan, Jumat (15/6/2018).

Tuti menuturkan, munculnya penyakit tersebut karena kebiasaan masyarakat yang menjadi kalap saat Lebaran setelah sebulan penuh berpuasa.

"Saat puasa 30 hari itu kita makan teratur sekali, hanya sahur dan buka, setelah itu kita biasanya kalau Lebaran seperti ini istilahnya balas dendam, apa saja dimakan, itu pemicu beberapa penyakit," katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Jangan 'Balas Dendam' Saat Lebaran Jika Tak Ingin Terkena Penyakit Ini, http://jateng.tribunnews.com/2018/06/15/jangan-balas-dendam-saat-lebaran-jika-tak-ingin-terkena-penyakit-ini.
Penulis: Lita Febriani
Editor: Vito

Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved