10 Manfaat Minum Air Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Oleh karena itu, menjaga asupan cairan tubuh adalah hal penting demi kesehatan.

10 Manfaat Minum Air Bagi Kesehatan Tubuh
HerbsAtWork
Ilustrasi Minum Air 

TRIBUNNEWS.COM - Menjaga asupan cairan tubuh adalah hal penting demi kesehatan. Sebab, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. 

Minum air yang cukup memberikan berjuta manfaat bagi tubuh kita. Laman Reader's Diggest melansir 10 manfaat mengonsumsi air yang cukup bagi tubuh kita.

1. Tubuh memiliki energi lebih

Sel-sel di seluruh tubuh kita membutuhkan air agar berfungsi. Itulah sebabnya, air sangat penting dalam program diet.

“Air adalah kebutuhan dasar untuk kesehatan sel tubuh kita," kata Ronald Navarro, ahli bedah ortopedi dan kedokteran olahraga dari California.

Sel tubuh berisi air dan dikelilingi oleh air. Saat tubuh kekurangan air, sel menjadi kurang mampu membuat cairan melintasinya (permeable).

Kondisi itu bisa menghambat aliran hormon dan nutrisi ke dalam sel. Selain itu, saat tubuh kekurangan air, limbah dalam tubuh akan menumpuk yang akhirnya menyebabkan kerusakan sel.

Berdasarkan hasil analisis riset yang diterbitkan dalam the journal Nutrition Review, jika hal tersebut terjadi, maka energi kita akan habis.

Inilah yang menyebabkan kita merasa lelah. Lalu, berapa banyak air yang kita butuhkan untuk meningkatkan energi? Hal tersebut sangat bervariasi.

Namun, Dr Navaro merekomendasikan agar kita minum 6-8 gelas air setiap hari. Tapi, hal ini juga tergantung pada iklim di mana kita tinggal dan gaya hidup kita.

Halaman
1234
Editor: Willem Jonata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help