Penyakit Jantung

Tangkal Hoax, Dr.Vito Damay Rilis Seputar Kesehatan Jantung

Dr Vito Anggarino Damay SpJP (K) yang dikenal sebagai dokter ahli spesialis jantung dan pembuluh darah di RS Siloam Lippo Village

Tangkal Hoax, Dr.Vito Damay Rilis Seputar Kesehatan Jantung
TRIBUNNEWS.COM/IST
Dr Vito Anggarino Damay SpJP (K) yang dikenal sebagai dokter ahli spesialis jantung dan pembuluh darah di RS Siloam Lippo Village, Karawaci, Tangerang meluncurkan sebuah buku berjudul Sebelum Anda Pergi Ke Dokter Jantung, beberapa waktu lalu di Maxx Box Lippo Village Karawaci, Banten. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fx Ismanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dr Vito Anggarino Damay SpJP (K) yang dikenal sebagai dokter ahli spesialis jantung dan pembuluh darah di RS Siloam Lippo Village, Karawaci, Tangerang meluncurkan sebuah buku berjudul “Sebelum Anda Pergi Ke Dokter Jantung”, pada hari Jumat (28/9/2018) lalu di Maxx Box Lippo Village Karawaci, Banten.

Buku diluncurkan juga dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Jantung Sedunia 2018 dan menghadirkan Ketua Forum Ikatan Alumni Kedokteran Seluruh Indonesia Dr. Doddy Partomihardjo SpM dan Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia cabang Banten Dr. Roy Christian SpJP (K).

Peluncuran Buku Sebelum Anda Pergi Ke Dokter Jantung.
Peluncuran Buku Sebelum Anda Pergi Ke Dokter Jantung. (TRIBUNNEWS.COM/IST)

“Buku ini saya luncurkan dalam rangka menjawab banyaknya mitos atau kabar hoax yang beredar di masyarakat terkait penyakit jantung dan yang lainnya yang sebenarnya sangat membahayakan”, kata Dr Vito Anggarino Damay.

Dokter yang aktif sebagai pembicara kesehatan mengenai jantung dan kesehatan umum ini, mengatakan bahwa penerbitan bukunya ini sebagai bagian dari tanggung jawabnya sebagai seorang dokter yang ahli di bidangnya yakni yang berkaitan dengan masalah penyakit jantung, yang bertujuan agar mayarakat sadar dan mengerti bahwa mitos maupun berita hoax yang selama ini dapatkan adalah menyesatkan dan membahayakan.

Peluncuran Buku Sebelum Anda Pergi Ke Dokter Jantung.
Peluncuran Buku Sebelum Anda Pergi Ke Dokter Jantung. (TRIBUNNEWS.COM/IST)

“Penerbitan buku ini merupakan bagian dari tanggung jawab saya sebagai seorang dokter, saya berharap buku ini bisa menolong masyarakat umum, kader kesehatan, paramedis maupun dokter, agar lebih cerdas dalam mengedukasi mereka agar tidak mempercayai mitos dan berita hoax seperti itu, karena sangat membahayakan”, ungkap dosen tetap di Fakultas Kedokteran, Universitas Pelita Harapan ini.

Dirilisnya buku juga dipersembahkannya kepada semua orang terutama bagi para pasien jantung dan masyarakat umumnya sehingga banyak orang menjadi paham dan bisa terhindar dari serangan penyakit jantung. “Buku ini cocok untuk dibaca semua kalangan, bahasanya ringan dan saya tulis seperti sedang mengobrol dengan pasien sehingga pembacanya dapat dengan mudah paham dan mengerti isinya”, tambahnya. Seperti diketahui, di Indonesia penyakit jantung dan stroke termasuk dalam 10 besar masalah kesehatan yang menempatui peringkat tertinggi.

Peluncuran Buku Sebelum Anda Pergi Ke Dokter Jantung.
Peluncuran Buku Sebelum Anda Pergi Ke Dokter Jantung. (TRIBUNNEWS.COM/IST)

“Penyebab dari penyakit ini sebenarnya dapat dicegah kalau kita paham dan mengetahui cara pencegahannya, gaya hidup merupakan kunci untuk terhindar dari serangan penyakit yang mematikan itu”, ungkap dokter muda yang enerjik ini. Penyakit jantung tambahnya, dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup penderitanya, yang disebabkan oleh berkurangnya kerja jantung sehingga membuat penderita terbatas aktivitasnya.

Sementara itu, Dr Doddy Partomihardjo mengemukakan, bahwa penyakit jantung sangat dipengaruhi oleh pola hidup dan pola makan yang buruk dan yang sangat disayangkan masih banyak orang yang tidak mengetahui adanya penyakit jantung lainnya. “Ada penyakit jantung lain yang belum banyak diketahui oleh masyarakat seperti gangguan irama jantung, penyakit katup jantung, penyakit jantung rematik dan kardiomiopati, maka dari itu, masyarakat hendaknya menjaga pola hidup dan pola makannya dengan baik agar terhindar dari penyakit yang sering menyerang secara tiba tiba ini”, ungkapnya.

Peluncuran Buku Sebelum Anda Pergi Ke Dokter Jantung.
Peluncuran Buku Sebelum Anda Pergi Ke Dokter Jantung. (TRIBUNNEWS.COM/IST)

Dr Vito mengaku senang, karena buku yang tulisnya itu ternyata mendapatkan perhatian di masyarakat, baru saja dirilis, sudah sebanyak 500 exemplar laris di pasaran, karena masih banyak permintaan maka buku tersebut akan kembali dicetak ulang.

“Saya berterima kasih atas apresiasi yang luar biasa dari masyarakat, mereka tampaknya antusias sekalio untuk memiliki dan membaca buku ini, karena memang banyak manfaatnya dan pantas untuk segera dimiliki oleh setiap orang,” tandasnya.

Penulis: FX Ismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved