Dua Obat Demam pada Anak Tanpa Resep Dokter, Simak Cara Kerja dan Efek Sampingnya

Ada dua obat demam tanpa resep dokter yang sering digunakan orangtua untuk menurunkan demam pada anak, yakni Ibuprofen dan parasetamol.

Dua Obat Demam pada Anak Tanpa Resep Dokter, Simak Cara Kerja dan Efek Sampingnya
Shutterstock
Sebaiknya anak tak perlu masuk sekolah jika mengalami demam dengan suhu tubuh 38,3 derajat Celcius atau lebih. 

TRIBUNNEWS.COM - Ada dua obat demam tanpa resep dokter yang sering digunakan orangtua untuk menurunkan demam pada anak, yakni Ibuprofen dan parasetamol.

Namun, ibuprofen dan parasetamol punya cara kerja berbeda. Misalnya, seberapa cepat mereka bekerja, dan berapa lama mereka bertahan di dalam tubuh.

Selain itu ibuprofen dan parasetamol juga memiliki atauran pada siapa mereka dapat diberikan, dan risiko efek samping dan interaksi dengan obat lain.

Berbicara mengenai demam, demam adalah peningkatan suhu tubuh di atas 38 derajat celsius, dan merupakan respons alami terhadap infeksi di dalam tubuh.

Demam juga bisa juga terjadi setelah menerima vaksinasi.

Obat-obatan tidak selalu diperlukan untuk meredakan demam anak, kebanyakan bayi dan anak-anak dapat mentolerir demam ringan (misalnya 38--38,5 derajat celsius) tanpa obat, dan lebih membutuhkan asupan cairan daripada obat.

Berikut bedanya parasetamol dan ibuprofen:

1. Parasetamol

Parasetamol adalah salah satu obat OTC yang paling sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit di Australia.

Parasetamol ini dapat digunakan untuk mengobati nyeri ringan hingga sedang, serta demam pada anak-anak. Ia hanya memiliki efek minimal terhadap peradangan.

Halaman
1234
Editor: Willem Jonata
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved