Konsumsi Karbohidrat Tanpa Jadi Lemak Ternyata Bisa, Asal Waktunya Tepat

Musim liburan segera tiba, dan Anda mungkin akan melakukan wisata kuliner di sejumlah tempat yang membuat "lemak Anda meningkat pesat".

Konsumsi Karbohidrat Tanpa Jadi Lemak Ternyata Bisa, Asal Waktunya Tepat
ABC
Diet yang menggabungkan karbohidrat tinggi dan protein rendah baik untuk umur panjang, tapi beresiko naikkan berat badan. 

TRIBUNNEWS.COM - Musim liburan segera tiba, dan Anda mungkin akan melakukan wisata kuliner di sejumlah tempat yang membuat "lemak Anda meningkat pesat".

Pertanyaannya: adakah jalan keluar untuk banyak makan namun tetap ideal?

Seorang ahli gizi yang mengatakan ada jalan, dan itu semua tidak ada hubungannya dengan jumlah makanan yang Anda makan, namun ini tentang kapan Anda memakannya.

Sementara karbohidrat dan penurunan berat badan dikatakan tidak berjalan seirama, ahli gizi olahraga Michelle Adams-Arent berpikir ada cara untuk mendapatkan yang terbaik dari konsumsi karbohidrat Anda.

"Ketika menyangkut penurunan berat badan dan karbohidrat, sekali lagi, saya pikir orang-orang berpikir itu tidak masuk akal," jelas Adams-Arent, yang berasal dari Massachusetts dan memiliki gelar Master di bidang Kesehatan Masyarakat dari University of South Carolina.

Tetapi jika Anda mengonsumsi karbohidrat pada saat yang tepat, hasil positif masih bisa didapatkan.

Sementara banyak orang terbiasa dengan karbohidrat pada waktu makan malam atau sebagai bagian dari camilan tengah malam, Adams-Arent menunjukkan bahwa makan karbohidrat di pagi hari atau di sekitar jam-jam latihan mungkin akan menjadi lebih baik untuk komposisi tubuh Anda.

"Tubuh kita lebih mampu menggunakan karbohidrat tersebut pada saat itu dan kurang mungkin disimpan sebagai lemak," jelas ahli gizi.

"Gula adalah sumber bahan bakar dengan pembakaran tercepat dan terbersih yang tubuh Anda miliki. Jadi kita membutuhkannya."

"Tetapi kita membutuhkannya di sekitar latihan. Kita tidak membutuhkannya saat kita duduk di sofa."

"Tubuh Anda tidak membutuhkan semua energi karbohidrat pada saat itu karena Anda tidak menggunakannya. Ini seperti mencoba mengisi tangki bensin Anda ketika Anda tidak mengemudi ke mana pun."

Dia juga mengungkapkan bahwa secara keseluruhan, tubuh kita jauh lebih baik dalam menangani masuknya karbohidrat di pagi hari, yang berarti mereka kurang mungkin disimpan sebagai lemak yang tidak diinginkan dan lebih mungkin digunakan untuk membantu kita memanfaatkan energi yang kita butuhkan.(Intisari/Adrie P. Saputra)

Editor: Willem Jonata
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved