Gigi Sensitif? Bisa Jadi Cara Sikat Gigi Anda Salah

Secara garis besar ada dua yang menyebabkan terjadinya gigi sensitif adalah abrasi gigi dan erosi gigi.

Gigi Sensitif? Bisa Jadi Cara Sikat Gigi Anda Salah
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Sejumlah siswa menggosok gigi saat acara sikat gigi bersama dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mulut Sedunia di SD Percontohan PAM Makassar, Sulsel, Senin (20/3). Acara tersebut untuk mensosialisasikan kesehatan mulut sejak dini kepada siswa sekolah dasar TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Gigi ngilu saat mengonsumsi makanan dingin atau asam pertanda adanya keluhan gigi sensitif.

Drg Ratu Mirah Afifah menyebutkan secara garis besar ada dua yang menyebabkan terjadinya gigi sensitif adalah abrasi gigi dan erosi gigi.

Abrasi gigi ini terjadi karena kebiasaan cara menyikat gigi yang salah sehingga dentin gigi terbuka yang menyebabkan gigi ngilu, sedangkan erosi gigi karena makanan yang mengandung asam tinggi.

Contoh cara menyikat gigi yang salah adalah menyikat gigi bolak-balik gigi atas ke gigi bawah.

Baca: Persiapan Ratna Sarumpaet Jalani Sidang, Mandi dan Sikat Gigi

Lalu cara yang benar adalah, saat menyikat bagian atas cukup pada bagian atasnya saja, jangan di bolak-balik atas bawah terus menerus.

Acara Sensitive Expert Talks
Acara Sensitive Expert Talks by Pepsodent, di Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2019).

“Orang kadang atas-bawah padahal itu salah satu kali jalan aja. Karena ketika kita bolak-balik gini nanti kan gusinya potensi resesi,” kata drg Ratu Mirah di Sensitive Expert Talks by Pepsodent, di Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2019).

Dengan menggosok gigi yang benar selain mengantisipasi gigi sensitif juga dapat mengurangi penyakit pada gusi dan gigi berlubang.

Maka dari itu drg Mirah juga menyarankan agar memilih sikat gigi dengan bulu halus dan bagian kepala sikat gigi yang kecil agar bisa menjangkau hingga bagian ujung gigi.

“Lalu gunakan sikat gigi dengan bulu halus dan kepala sikat yang kecil ya, jadi sikat giginya bersihkan ke tempat yang susah dijangkau, diujung-ujung gigi,” papar drg Ratu Mirah.

Kemudian mengenai penyebab gigi sensitive karena erosi gigi saran dari drg. Mirah adalah mengurangi konsumis makanan atau minuman yang asam dan terlalu manis seperti misalnya soda, jus, maupun infused water yang saat ini sedang hits.

Kemudian saat meminum jenis minuman yang mengandung asam tinggi itu gunakan sedotan sehingga tidak langsung mengenai gigi, dan setelah minum yang manis dan asam netralkan dengan air putih.

“Kurangi yang asam dan terlalu manis, soda juga karena tinggi acid dan gulanya, infused water, jus. Tetap yang bagus air putih ketika mau minum yang kadar asamnya tinggi jangan langsung tapi pakai sedotan,” pungkas drg. Ratu Mirah.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved