Jarang Mandi dan Malas Ganti Pakaian Sumber Datangnya Jamur Kulit

"Indonesia merupakan negara tropis dengan kelembaban udara yang tinggi. Hal ini membuat jamur mudah cepat berkembang."

Jarang Mandi dan Malas Ganti Pakaian Sumber Datangnya Jamur Kulit
Thinkstockphotos
Gaya hidup kurang bersih seperti kebiasaan jarang mandi dan malas ganti baju merupakan sumber datangnya jamur pada kulit yang jika diabaikan bisa memicu terjadinya infeksi kulit. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gaya hidup kurang bersih seperti kebiasaan jarang mandi dan malas ganti pakaian merupakan sumber datangnya jamur pada kulit yang jika diabaikan bisa memicu terjadinya infeksi kulit.

"Indonesia merupakan negara tropis dengan kelembaban udara yang tinggi. Hal ini membuat jamur mudah cepat berkembang. Higienitas diri yang buruk, sampai badan yang mengalami obesitas dapat memunculkan infeksi jamur,"  ungkap Stepfany Mandria.S.SI, Research & Development PT Meccaya Pharmaceutical, perusahaan farmasi di Indonesia yang fokus pada produk-produk dermatologi dan penyakit kulit dalam perbincangan dengan Tribunnews, di Jakarta, Senin (8/4/2019).

Stepfany menambahkan, infeksi jamur pada dasarnya tidak mengenal gender dan kelompok usia. Siapa saja bisa terkena. Tapi dari rentang usianya, yang biasnaya terbanyak kena jamur kulit adalah mereka yang di usia 20-30 tahun dengan perbandingan 1,09 persen penderita pria dan 0,6 persen wanita.

Stepfany menambahkan, area lipatan kulit dan area badan lainnya yang biasanya kurang kena sinar matahari seperti selangkangan, juga mudah kena jamur jika kurang menjaga kebersihan dan higienitas pakaian yang dikenakan. 

Karena itu dia menyarankan pakaian yang sudah dikenakan dan kotor oleh keringat dan kotoran lain, agar segera diganti. "Rasa gatal kulit kebanyakan dipicu oleh jamur," ujar Spetfany.

Yulia Anis S. Farm. Apt, Regulatory Officer PT Meccaya Pharmaceutical menambahkan, munculnya jamur pada kulit bisa dicegah jika kita memiliki gaya hidup yang bagus dan menjaga kebersihan.

"Bisa dicegah kalau kita punya lifestyle bagus, tidak males ganti baju yang bersih, badan tidak  mengalami obesitas, membiasakan badan bersih dari keringat," ujar Yulia Anis. 

"Jika jamur tak segera diatasi akan memicu infeksi pada kulit dan mendatangkan bakteri," Yulia menambahkan.

Salep dan Krim Anti Jamur

Stepfany Tingginya kelembaban udara di negara tropis seperti Indonesia membuat kebutuhan obat-obat yang bisa mengatasi munculnya jamur selalu dibutuhkan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved