Kurangi Kadar Stres dengan Jalan-jalan di Alam Terbuka Selama 20 Menit

Anda mengalami stres karena tekanan pekerjaan atau masalah lain? Dalam kondisi demikian Ada cenderung berusaha cari pelarian.

Kurangi Kadar Stres dengan Jalan-jalan di Alam Terbuka Selama 20 Menit
hearstapps
20 menit saja berjalan di alam terbuka bisa mengurangi stres. 

TRIBUNNEWS.COM - Anda mengalami stres karena tekanan pekerjaan atau masalah lain? 

Dalam kondisi demikian Anda berusaha cari pelarian. Mungkin Anda makan lebih banyak dari biasanya, beres-beres rumah, belanja, atau hanya jalan-jalan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology, menikmati alam selama 20 menit sudah cukup untuk secara signifikan mengurangi kadar kortisol.

Ya, hanya 20 menit saja dari waktu Anda untuk berjalan-jalan atau duduk di alam terbuka, secara signifikan mampu menurunkan kadar hormon stres Anda, demikian ditunjukkan oleh penelitian baru.

Praktisi kesehatan dapat menggunakan temuan ini untuk meresepkan 'pil alam' yang memiliki efek nyata yang dapat diukur, menurut para peneliti dari University of Michigan.

Baca: Bagaimana Mengelola Stres dengan Benar Agar Energi Anda Tak Terkuras?

“Kita tahu bahwa menghabiskan waktu di alam mengurangi stres, tetapi sampai sekarang tidak jelas berapa banyak yang cukup, seberapa sering melakukannya, atau bahkan menikmati alam seperti apa yang akan bermanfaat bagi kita,” kata penulis utama MaryCarol Hunter dari universitas, seperti dilansir dari thehealthsite.

Untuk penelitian ini, tim peneliti melibatkan 36 peserta. Selama periode delapan minggu, mereka diminta meminum 'pil alam' selama setidaknya 10 menit, dalam tiga kali seminggu.

Tingkat kortisol - hormon stres - diukur dari sampel air liur yang diambil sebelum dan setelah mengambil 'pil alam', setiap dua minggu sekali.

Data mengungkapkan bahwa hanya menikmati alam selama 20 menit sudah cukup untuk secara signifikan mengurangi kadar kortisol.

Dan jika Anda lebih banyak lagi menikmati alam terbuka, 20 hingga 30 menit untuk duduk atau berjalan-jalan, maka kadar kortisol turun pada tingkat tertinggi, kata para peneliti.

"Studi kami menunjukkan bahwa untuk hasil terbesar, dalam hal menurunkan kadar hormon stres kortisol secara efisien, Anda harus menghabiskan 20 hingga 30 menit duduk atau berjalan di tempat yang memberi Anda perasaan alami," kata Hunter.

Berita ini sebelumnya dimuat di Intisari Online dengan judul 20 Menit Saja Jalan-jalan di Alam Terbuka Bisa Kurangi Stres 

 

Editor: Willem Jonata
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved