HUT Kota Tabanan ke 525

HUT Kota Tabanan Pamerkan Berbagai UMKM Khas Tabanan dan Bagikan 2000 Gelas Kopi Gratis

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, Bali rayakan hari jadi Kota Tabanan yang ke 525 pada Kamis, (29/11/2018) di Gedung Kesenian I Wayan Maria

HUT Kota Tabanan Pamerkan Berbagai UMKM Khas Tabanan dan Bagikan 2000 Gelas Kopi Gratis
TRIBUNNEWS.COM/IST
Bupati Tabanan Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti (kiri) dan Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya (kanan) saat mengunjungi booth stand festival coffee, pada acara malam puncak HUT Kabupaten Tabanan yang ke 525 di Gedung Kesenian I Ketut Maria pada Kamis (29/11/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, BATANAN BALI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, Bali rayakan hari jadi Kota Tabanan yang ke 525 pada Kamis, (29/11/2018) di Gedung Kesenian I Wayan Maria, Tabanan Bali. Pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tabanan, Pemkab bekerjasama dengan berbagai Usaha Kecil dan Mikro Menengah (UMKM) di Tabanan yang diwadahi oleh Perusahan Daerah Dharma Santika serta dibantu dinas terkait untuk menghadirkan berbagai macam UMKM yang ada di Tabanan dan membagikan 2000 gelas kopi khas Tabanan secara gratis sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT Kota Tabanan yang ke 525.

Bupati Tabanan Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti menyampaikan, “ Sesuai dengan tema yang diangkat pada tahun ini yaitu Kluwung Pertiwi yang artinya harmoni raya bermakna keharmonisan dan kerukunan yang menyangkut segala hal yang bertujuan dengan apa yang kita miliki dan potensi kita miliki harus disinergikan agar menciptakan suatu hal yang menakjubkan, salah satunya dengan mengembangkan potensi UMKM yang ada di Tabanan”, ujar Bupati Eka, Kamis (29/11/2018).

Selanjutnya Bupati Eka menambahkan, “Pada HUT kali ini juga kami fokus untuk memperkenalkan produk unggulan Tabanan yaitu Kopi khas Tabanan yang diberi nama Robusta Pupuan dan kami bagikan secara gratis kepada masyarakat sebanyak 2000 gelas. Tidak hanya kopi kami juga ingin memperkenalkan berbagai UMKM yang ada di Tabanan dari olahan pertanian, kuliner tradisional Tabanan, industri fashion untuk meningkatkan kreatifitas anak muda di Tabanan, kerajinan tangan dan lainnya”, tambahnya.

“Dengan adanya serangkaian festival dan acara besar seperti ini merupakan strategi pemkab dalam memasarkan produk produk UMKM asli Tabanan. Seperti yang kita tahu saat ini Tabanan sendiri sudah memiliki 92 Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dari 133 desa di Tabanan. Tidak hanya di acara besar pemasaran atau pameran UMKM juga kita lakukan pada acara-acara lainnya bahkan di HUT kecamatan tiap desa”, jelas Eka.

Bupati Eka juga berharap agar di HUT Kota Tabanan yang ke-525 ini Tabanan harus menjadi rumah kita, “Tabanan harus menjadi rumah kita yaitu harus kita jaga, kita rawat dan angkat derajatnya agar masyarakat Tabanan lebih maju dan lebih baik dari sebelumnya tentunya melalui program ekonomi kerakyatan agar perekonomian masyarakat Tabanan meningkat”, tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perusahaan Daerah Dharma Santika Tabanan, I Putu Sugi Darmawan sangat mengapresiasi HUT Kota Tabanan ke-525 yang menjadi jembatan untuk para pelaku UMKM di Tabanan, “Kami sangat mengapresiasi HUT kota Tabanan ke-525 yang telah memberikan kesempatan, akomodasi dan telah mengangkat seluruh potensi yang ada di Tabanan dengan memamerkan berbagai UMKM masyarakat Tabanan, baik dari industri kuliner, produk pertanian, kerajinan dan sebagainya. HUT kali ini kopi menjadi produk utama karena kami ingin memberitahukan pada masyarakat luas bahwa kopi Robusta Pupuan ini sudah bersertifikasi indikasi geografis sehingga kita harus menjaga kualitas, kuantitas dan kontinuitas agar produk ini dapat bersaing di pasar modern. Saya juga berharap dengan usia yang bertambah ruang kreatifitas UMKM tetap dilanjutkan kedepannya”, tutur Sugi Darmawan.

Salah satu pelaku usaha kuliner di UMKM HUT Kota Tabanan ke-525, I Nyoman Sunarta atau dikenal dengan kedai “Pak Sayu” memaparkan, “Kegiatan ini sangat bagus, dengan adanya acara HUT Kota Tabanan dagangan lebih ramai dan jika adanya pameran UMKM serta festival membantu perekomian kami dagangan jadi lebih ramai dibandingkan harus berdagang keliling”, tutup Sunarta.

Penulis: FX Ismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved