Dari Ibu Kota Negeri Sakura, GENWI Jepang Diluncurkan

GenWI terus melebarkan sayap, memperluas jaringan, dan memperbesar mesin viralnya

Dari Ibu Kota Negeri Sakura, GENWI Jepang Diluncurkan

Generasi Wonderful Indonesia – GenWI terus melebarkan sayap, memperluas jaringan, dan memperbesar mesin viralnya. Hari Sabtu, 21 Juli 2018, komunitas netizen berbasis pada media social ini menambah satu negara lagi, yakni Jepang. Maka tahun 2018 ini, komunitas GenWI sudah hadir Korea Selatan, India, Tiongkok, Thailand, Malaysia, Singapore, dan embrio di Australia.

Apa itu GenWI? Generasi Wonderful Indonesia adalah komunitas netizen, putra-putra Indonesia, pelajar mahasiswa, diaspora, yang aktif bergerak di media digital, terutama media social, untuk mempromosikan Pariwisata Indonesia. Ada tiga hal yang diangkat, Destinasi Wisata, Calendar of Event Pariwisata dan Kebijakan Kepariwisataan.

Jika GenPI – Generasi Pesona Indonesia adalah komunitas anak-anak muda yang berada di Nusantara, dari Aceh sampai Papua, maka GenWI – Generasi Wonderful Indonesia berada di Mancanegara. Mereka bersama-sama memviralkan Indonesia melalui Pariwisata, yang selanjutnya akan mendorong Perdagangan dan Investasi.

“TTI, Tourism Trade Investment. Masuk melalui tourism yang people to people connection, jauh lebih mudah dan efektif untuk menapak level berikutnya trade and investment. Ayo, para pemuda, pemudi, pelajar mahasiswa, para diaspora di manapun kalian berada, promosikan terus keindahan dan kekayaan Indonesia,” sambut Menpar Arief Yahya.

Mungkin, oleh sebagian orang, memposting content kecantikan Indonesia melalui foto, video, infografis, story, melalui media sosial itu dianggap sepele dan remeh temeh. Padahal, jika dilakukan bersama-sama, Indonesia Incorporated, oleh seluruh potensi negeri ini, akan mengubah persepsi dunia akan Indonesia.

“Ayo, saatnya kita memberikan sesuatu buat bangsa!” tegas Menpar Arief Yahya, yang lulusan Teknik Elektro ITB Bandung, Surrey University Inggris dan lulus Doktor di Unpad Bandung itu.

GenWI dan GenWI sama-sama punya kode etik, no hoax, no SARA, no politics. GenWI dan GenPI lebih focus mengangkat konten-konten keindahan alam, kecantikan budaya, dan karya buatan yang bakal memperkuat positioning Indonesia di global level.

“Di sektor pariwisata, bangsa ini bisa berkompetisi dan juara dunia!” ungkap Menteri Arief Yahya.

Dia menjelaskan tiga revolusi dunia, memperkuat Alvin Tofler dalam buku The Third Wave. Pertama, revolusi pertanian atau agriculture. Kedua, revolusi industry atau manufacture. Ketiga, revolusi teknologi informasi. Di tiga-tiga revolusi itu, bukan Indonesia yang menjadi top of mind dunia, artinya nama Indonesia tidak pernah disebut-sebut di sana.

“Kita sedang memasuki era Revolusi Keempat, yang saat ini sedang menjadi trend dunia, yakni Cultural Industry, atau Creative Industry. Dan pariwisata ada di dalamnya. Saat inilah momentum yang tepat buat kita juara dunia, timing yang pas untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi terhebat di dunia,” ungkap Menteri Arief Yahya yang berasal dari Banyuwangi itu.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help