Dunia Kerja

Tamat SMA Mau Pergi Kemana?

Akhir masa SMA adalah salah satu momen penting dalam hidup seseorang, bahkan mungkin jadi momen terpenting. Soalnya, di momen ini, seseorang harus mem

BizzInsight
Tamat SMA Mau Pergi Kemana?

TRIBUNNES.COM – Akhir masa SMA adalah salah satu momen penting dalam hidup seseorang, bahkan mungkin jadi momen terpenting. Soalnya, di momen ini, seseorang harus memutuskan hal yang akan menentukan jalan masa depanya.

Sebagian siswa cenderung berlomba-lomba ingin memasuki PTN/PTS bergengsi sesuai dengan minatnya masing-masing.

Selain minat, ada hal lain yang harus kamu pertimbangkan, yaitu akan jadi apa kamu setelah lulus kuliah yang akan kamu pilih, atau jenjang karir apa yang akan kamu tempuh nantinya.

Perhatikan jenjang karir yang sedang hangat dicari atau yang memiliki prospek bagus di masa depan. Salah satu bidang karir yang masih hangat dan diminati adalah di sektor migas.

Tapi, karena masih banyak peminatnya ini, tentunya kamu harus pintar memilih sekolah yang bisa memberikan ilmu teori dan juga praktek yang bisa mempersiapkanmu terjun ke dunia kerja.

Pemerintah pun turut ambil andil dalam mempersiapkan masyarakatnya menjadi sumber daya manusia berkualitas yang mampu bersaing di dunia kerja. Untuk itu, pemerintah Indonesia, melalui Kementerian ESDM mendirikan lembaga pendidikan tinggi yang khusus mempelajari ilmu dan pengetahuan tentang minyak dan gas bumi, yaitu Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas).

Lembaga pendidikan ini sudah berdiri sejak 1966 dan mencetak banyak SDM berkuailtas yang sudah berkiprah di sektor migas Indonesia.

PEM Akamigas
PEM Akamigas ()

Dalam sejarahnya, PEM Akamigas pertama kali didirikan dengan nama Akademi Minyak dan Gas Bumi (AMGB).

Setahun kemudian, 1967, dibentuklah Akademi Minyak dan Gas Bumi (AKAMIGAS) di Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah dan di tahun 1977, pola pendidikan yang awalnya 3 (tiga) tahun, berubah menjadi pola pendidikan berjenjang Diploma I, II dan III.

Disinilah AKAMIGAS mengalami masa emasnya. Dengan pola pendidikan berjenjang Diploma I, II dan III, AKAMIGAS menawarkan banyak sekali kesempatan dan kemudahan bagi para pekerja industri migas yang pada saat itu masih banyak berasal dari lulusan SMA dan menginginkan belajar di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Dengan motto “Bekerja sambil Belajar”, AKAMIGAS memberikan kesempatan bagi para pekerja industri migas, terutama yang lulusan SMA untuk dapat memperoleh pendidikan tinggi Diploma I, setelah lulus mereka bisa kembali bekerja dan di tahun berikutnya dapat kembali untuk melanjutkan program Diploma II. Demikian seterusnya hingga mereka secara berjenjang akan dapat menyelesaikan Diploma III, tanpa harus meninggalkan pekerjaan terlalu lama.

PEM Akamigas

Banyak industri migas yang mengirimkan pekerjanya untuk belajar di AKAMIGAS yang tentu saja memberikan fasilitas, sarana prasarana yang lengkap dan memiliki dosen pengajar yang ahli dan terpercaya. Pertamina, PGN, ExxonMobil, Chevron, BP Migas dan masih banyak lagi, adalah mitra kerja AKAMIGAS yang telah banyak mempercayakan pekerjanya untuk belajar di AKAMIGAS. Dan kini, telah banyak dari alumni AKAMIGAS yang menduduki posisi penting di perusahaannya masing-masing.

Lalu pada 2002, AKAMIGAS berubah status menjadi Sekolah Tinggi Mineral dan Energi. Kemudian pada 2014 Peraturan Presiden Republik Indonesia tentang Perubahan Akademi Minyak dan Gas Bumi menjadi Sekolah Tinggi Energi dan Minelar (STEM Akamigas).

Pada masa aktif STEM Akamigas inilah, pola pendidikan berjenjang mengalami perubahan. Selain menyelenggarakan program Diploma IV, STEM Akamigas juga membuka peluang bagi lulusan baru SMA/K sederajat untuk dapat mengikuti perkuliahan di STEM Akamigas.

Tiga tahun kemudian, STEM Akamigas baru berubah menjadi PEM Akamigas pada 8 November 2017.

PEM Akamigas

PEM Akamigas bertugas menyelenggarakan pendidikan vokasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang energi dan sumber daya mineral. PEM Akamigas kini berada di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) dalam naungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

Kedepannya, PEM Akamigas diharapkan akan terus berkembang dan menjadi politeknik terbaik di bidang energi dan sumber daya mineral. Karena hal ini pula PEM Akamigas menjadi salah satu pilihan terbaik bagi para siswa untuk melanjutkan studinya setelah lulus SMA.

Penulis: Dessita Chairani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved