Dana Desa Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Lestarikan Budaya Lokal Desa Kota Bani

Dana Desa yang diterima Desa Kota Bani, Kabupaten Bengkulu Utara, ternyata berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan

Dana Desa Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Lestarikan Budaya Lokal Desa Kota Bani
Desa Kota Bani 

Dana Desa yang diterima Desa Kota Bani, Kabupaten Bengkulu Utara, Propinsi Bengkulu, ternyata berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan pelestarian budaya lokal warga desanya. 

Hal ini terbukti dari pemanfaatan dana desa yang merambah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di desa yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia itu. 

Desa Kota Bani sendiri memiliki total 6 PAUD dan salah satu PAUD yaitu PAUD Mekar Jaya telah merasakan langsung manfaat dana desa.

Sempat mengalami lantai rusak atau ambles, ruangan di PAUD tersebut dapat kembali beroperasi usai menerima bantuan dari dana desa. 

"Beberapa bulan yang lalu PAUD Mekar Jaya ini ada satu lokal (gedung) yang ambles lantainya. Alhamdulilah kita dibantu dari Dana Desa Kota Bani untuk memperbaiki lantai itu," ujar Kepala Sekolah PAUD Mekar Jaya, Ni Dewi Ambaryani, di lokasi, Selasa (9/10/2018). 

Dua tahun terakhir, para tenaga pendidik di PAUD Mekar Jaya yang berjumlah 4 orang pun telah merasakan efek dari Dana Desa tersebut. Yakni kesempatan bagi mereka menerima insentif  per bulan.

Hal ini memicu para tenaga pendidik lebih bersemangat dalam menjalankan tugasnya. Bahkan, lembaga ini menjadi idola bagi desa tetangga pula. 

Banyak warga desa tetangga yang memilih PAUD Mekar Jaya sebagai destinasi pendidikan awal bagi anaknya. Terlebih lembaga ini menyandang juara kedua sekolah sehat tingkat kabupaten. 

Adapun kriteria sekolah sehat tersebut antara lain kebersihan sekolah, dan bagaimana lingkungan sekolah mampu membuat anak-anak lebih nyaman ketika berada di sekolah.

kemendes

Seorang wali murid bernama Zaenudin merasakan kualitas sang anak meningkat usai mengenyam pendidikan di sana. 

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved