Kemegahan Candi Borobudur Hadir di CFD Jakarta

Beberapa pekan belakangan, program Car Free Day (CFD) Jakarta semakin berwarna. Hadirnya beragam destinasi wisata super prioritas adalah pemicunya. Mi

Kemegahan Candi Borobudur Hadir di CFD Jakarta
dok. Humas Kemenpar
Candi Borobudur di CFD Jakarta 

Beberapa pekan belakangan, program Car Free Day (CFD) Jakarta semakin berwarna. Hadirnya beragam destinasi wisata super prioritas adalah pemicunya. Minggu (9/12) nanti, giliran kemegahan dan keeksotisan Candi Borobudur yang ditampilkan. Selain monumental fisik dan filosofinya, Borobudur juga menampilkan sisi lain potensinya.

Venue program #PesonaBorobudurDiCarFreeDayJakarta ada di Park and Ride Thamrin 10, Menteng, Jakarta. Atau, di sebelah Hotel Sari Pan Pacific. Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Borobudur Indah Juanita mengatakan, CFD Jakarta spot strategis branding.

“Candi Borobudur akan membagikan inspirasinya melalui #PesonaBorobudurDiCarFreeDayJakarta. Ini akan menjadi moment terbaik untuk menggali beragam kekayaan Candi Borobudur. Secara profil, status CFD Jakarta menarik. Angka pengunjungnya tinggi. CFD ini sangat ideal untuk branding,” ungkap Indah, Rabu (28/11).

Menjadi world heritage versi UNESCO, keberadaan situs raksasa Candi Borobudur ini sangat fenomenal. Candi Borobudur pun masuk Guinness World Records di London, Inggris, pada 27 Juni 2012. Borobudur ini menjadi situs arkeologis Candi Buddha terbesar di dunia. Karya monumental ini diciptakan abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra. Proses pembuatannya diprediksi menghabiskan waktu 75 hingga 100 tahun.

Pembangunan Candi Borobudur sepenuhnya selesai pada masa pemerintahan Raja Samaratungga pada tahun 825 Masehi. Bukan hanya bangunan fisik semata, Candi Borobudur ini mengajarkan 3 filosofi. Ada Kamadhatu yang menjadi ranah hawa nafsu dan berada di strata terbawah. Di sini terdapat 160 relief cerita Karmawibhangga, namun tetap dibiarkan tersembunyi dan tertutup stuktur.

Ada juga Rupadhatu yang familiar sebagai ranah berwujud. Ranah ini jadi gambaran dunia yang sudah membebaskan diri dari nafsu, tapi masih terikat bentuk. Zona ini terbagi dalam 4 lorong dengan 1.300 relief. Panjang totalnya mencapai 2,5 kilometer. Lalu, ada Arupadhatu yang menjadi tingkatan tertinggi. Arupadhatu menjadi ranah tak berwujud. Artinya, manusia sudah terbebas dari nafsu dan ikatan rupa.

“Ada banyak pembelajaran berharga dari Candi Borobudur. Filosofi yang yang dimiliki Borobudur ini sangat luar biasa. Semua pembelajaran dan pemahaman soal kehidupan. Jadi, kehadiran Borobudur di CFD Jakarta ini harus dioptimalkan,” terang Indah lagi.

Lebih lanjut, inspirasi Candi Borobudur ditegaskan melalui reliefnya. Filosofi Karmawibhangga ini jadi gambaran hukum karma. Manusia digambarkan dalam lingkaran lahir-hidup-mati (samsara) yang tidak pernah berakhir. Ada juga Lalitawista yang menggambarkan riwayat Sang Buddha, lalu nilai Jataka dan Awadana sebagai gambaran perbuatan baik. Nilai luhur dan kebenaran sejati diberikan Gandawyuha.

“Candi Borobudur ini memang situs luar biasa. Ada banyak pengetahuan yang ditawarkan. Kawasan ini jadi sumber pengetahuan terbaik. Selain filosofi hidup, ada banyak unsur disiplin ilmu yang diajarkan di sana. Contohnya, arsitektur dan teknik sipil,” tegas Ketua Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas Kemenpar Hiramsyah S Thaib.

Menjadi situs raksasa budaya, #PesonaBorobudurDiCarFreeDayJakarta juga akan menampilkan tarian terbaik. Sebut saja Tari Bedhaya Ketawang, Tari Gambyong, Tari Ronggeng, dan Tari Ketek Ogleng. Dan, nuansa tradisional akan dikuatkan melalui ‘akulturasi’ rasa modern. Sebab, program ini menampilkan Zumba plus spot foto terbaik. Agenda ini juga memberikan banyak merchandise dan doorprize menarik.

“Kemasan #PesonaBorobudurDiCarFreeDayJakarta ini tetap menyegarkan. Nuansa klasik dan filosofi besar Candi Borobudur akan disandingkan dengan energi kekinian. Nantinya juga ada talkshow yang melibatkan influencer. Pokoknya Minggu besok datang ke Park and Ride Thamrin,” ujar Hiramsyah.

Menikmati eksotisme Candi Borobudur memang bisa dilakukan secara instan di CFD Jakarta. Bila ingin merasakan energinya langsung, silahkan berkunjung ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Sebab, akesibilitas menuju ke sana sangat bagus. Amenitas yang ditawarkan juga luar biasa. Kehadiran program #PesonaBorobudurDiCarFreeDayJakarta ini disambut antusias Menteri Pariwisata Arief Yahya.

“Candi Borobudur adalah destinasi terbaik. Dunia sudah mengakuinya. Ada banyak experience terbaik yang dimiliki Borobudur. Dan, kini kesempatan langka itu ada di CFD Jakarta. Silahkan menikmati ragam keseruannya di sana. Enjoy Jakarta,” tuturnya. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved