Kebun Raya Batam Diresmikan, Kepri Punya Destinasi Baru untuk Wisman

KRB menjadi atraksi baru pariwisata di Batam dan Kepulauan Riau (Kepri). Lokasi KRB tidak jauh dari pelabuhan di Nongsa, Batam.

Kebun Raya Batam Diresmikan, Kepri Punya Destinasi Baru untuk Wisman
Kemenpar
Kebun Raya Batam (KRB) resmi meluncur, Sabtu (22/12). 

Kebun Raya Batam (KRB) resmi meluncur, Sabtu (22/12). Acaranya dikemas dalam rangkaian hari jadi Kota Batam ke-189 tahun. Pembukaan Kebun Raya Batam ditandai dengan penekanan sirine serta penandatanganan prasasti.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, KRB menjadi atraksi baru pariwisata di Batam dan Kepulauan Riau (Kepri). Lokasi KRB tidak jauh dari pelabuhan di Nongsa, Batam.

"Ini akan menjadi bagian dari paket-paket wisata yang ditawarkan oleh industri. Ini juga akan menjadi bagian kami untuk terus mendukung Kementerian Pariwisata untuk meraih target 20 juta Wisman di 2019. Lokasi ini sangat layak dipublikasikan. Karena bukan hanya sebuah destinasi, namun juga ada unsur edukasinya,” kata Ardiwinata.

Ia menambahkan, selain destinasi pariwisata, KRB juga sebagai upaya untuk melindungi keanekaragaman hayati. Terutama berbagai jenis tumbuhan di pulau-pulau kecil Indonesia.

“KRB berada di kawasan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau. Sangat dekat dengan resort-resort dan pelabuhan. Sangat ideal dikunjungi wisatawan. Silahkan datang ke Kebun Raya Batam, Anda akan ketagihan,“ katanya.

Acara peresmian ditandai juga dengan penanaman Pohon Nibun sebagai maskot KRB. Selain itu juga melakukan pelepasan 189 ekor burung merpati sebagai simbolis hari jadi Kota Batam.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Boeralimar menambahkan, ini adalah kabar gembira pariwisata di Kepri. Karena semakin banyak atraksi, destinasi, akan membuat Wisman punya banyak pilihan ke Kepri.

"Seperti apa yang selalu diungkapkan oleh Menteri Pariwisata Bapak Arief Yahya, berkembangnya sebuah daerah wisata karena bertumbuhnya Akses, Amenitas dan Atraksi di daerah. Kebun Raya Batam ini adalah sebuah kabar menggembirakan untuk perkembangan pariwisata di Kepri,” kata pria yang hobi menyanyi itu.

Lebih lanjut Boeralimar mengatakan, KRB memiliki sekitar 2.500 koleksi tanaman. Selain itu, ada 9.700 bibit yang belum ditanam. Sementara bibit-bibit yang sudah ditanam, antara lain 500 pohon ketapang kencana. Saat ini sudah menjadi pemandangan yang indah dan asyik untuk dinikmati bersama keluarga.

Peresmian KRB dihadiri sedikitnya 3.000 orang. Terdiri dari pelajar, wisatawan dari resort-resort di Nongsa, serta masyarakat sekitar.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved