Sesuai Target, Indonesia Peringkat 1 Global Muslim Travel Index 2019

Pariwisata halal Indonesia benar-benar top. Buktinya, Indonesia menjadi yang terbaik dalam Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019. Dalam pengumuman, S

Sesuai Target, Indonesia Peringkat 1 Global Muslim Travel Index 2019
Istimewa
Indonesia Peringkat 1 Global Muslim Travel Index 2019 

Pariwisata halal Indonesia benar-benar top. Buktinya, Indonesia menjadi yang terbaik dalam Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019. Dalam pengumuman, Selasa (9/4/2019), Indonesia nomor 1 dari 130 negara di dunia. Capaian ini sesuai target Menteri Pariwisata Arief Yahya yang bertekad menjadikan pariwisata halal Indonesia terbaik di dunia.

Kepastian Indonesia menjadi peringkat 1 GMTI 2019, diumumkan di Pullman Hotel, Jakarta, oleh CEO CrescentRating Fazaal Bahardeen. Indonesia berada di posisi teratas bersama Malaysia dengan nilai 78.

Menpar Arief Yahya, hadir beserta Deputi Bidang Pengembangan Industri Kelembagaan Ni Wayan Giri Adnyani, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran 1, Rizky Handayani, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kawasan Anang Sutono, dan Pembina Tim Percepatan Wisata Halal, Riyanto Sofyan.

Buat Indonesia capaian ini sangat membanggakan. Karena, setelah bertahun tahun mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

Menteri Pariwisata menyampaikan, bagaimana kemenangan telah dinyatakan dan ditetapkan sejak jauh-jauh hari. Laporan GMTI menganalisa berdasarkan 4 kriteria penilaian strategis, yaitu Akses, Komunikasi, Lingkungan, dan Layanan.

“Kita memang bertekad menjadikan Indonesia ranking pertama sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia di 2019. Kita terus berusaha untuk mewujudkannya. Antara lain dengan meluncurkan IMTI (Indonesia Muslim Travel Index) 2019 yang mengacu standar global GMTI (Global Muslim Travel Index) serta melakukan bimbingan teknis (bimtek) dan workshop 10 destinasi pariwisata halal unggulan di Tanah Air,” papar Menpar.

Dalam acara tersebut, Menpar Arief Yahya memberikan keynote speech. Beliau menceritakan kronologis implementasi strategi untuk meraih bukit kemenangan GMTI dengan bantuan tim percepatan wisata halal.

Menurut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, peringkat 1 GMTI 2019 vital bagi pariwisata Indonesia.

“Kami gembira karena bisa menjadi peringkat 1 GMTI 2019. Status terbaik dunia sangat penting. Sebab, menjadi representasi kualitas wiata halal dan berbagai usaha perbaikan yang dilakukan selama ini. Hasil ini menjadi bukti solidnya stakeholder pariwisata di Indonesia,” ungkap Menpar.

Top GMTI 2019 sendiri didominasi negara-negara Asia. Selain Indonesia dan Malaysia, ada juga Arab Saudi di urutan 3, berikutnya disusul Uni Emirat Arab, dan Qatar. Berikutnya ada Bahrain di strip 8, diikuti Oman, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Untuk posisi nomor 2 GMTI 2019 ditempati Turki. Sementara Maroko yang berada di urutan 7. Menpar menambahkan, posisi 1 GMTI 2019 akan menaikan value pariwisata halal milik Indonesia.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved