Penuh Khidmat, Ziarah Kubro Sumsel Bakal Dihadiri Puluhan Ribu Pengunjung

Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) tidak hanya dikenal sebagai Kota Pempek. Palembang juga sempat diidentikkan sebagai kota religi. Salah satu

Penuh Khidmat, Ziarah Kubro Sumsel Bakal Dihadiri Puluhan Ribu Pengunjung
Istimewa
Ketua Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reeko Astuty 

Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) tidak hanya dikenal sebagai Kota Pempek. Palembang juga sempat diidentikkan sebagai kota religi. Salah satu yang mencirikan itu adalah Ziarah Kubro yang digelar setiap tahun. Tahun ini bakal digelar 26-28 April 2019.

"Ada puluhan ribuan umat muslim datang ke Palembang untuk ikut dalam haul dan ziarah kubro tahun ini. Mereka tidak hanya dari Palembang dan Sumsel saja, tapi juga ada dari mancanegara," kata Humas haul dan ziarah kubro, Habib Mahdi, Rabu (24/4).

Dikatakan Habib Mahdi, umat muslim yang datang tidak hanya untuk ziarah. Ada yang sengaja datang untuk bersilaturahmi dengan keluarga di Kota Palembang mengingat bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari.

"Ya biasanya mereka silaturahmi juga dengan keluarga yang ada disini, dengan para ulama karena mereka sudah tinggal di luar negeri. Jadi kegiatan ziarah kubro ini sebenarnya kegiatan rutin jelang bulan suci Ramadan," kata Habib Mahdi.

Habib Mahdi menjelaskan, menjaga dan memelihara sejarah tentu bukan hal yang bisa dilakukan sekali-sekali. Butuh usaha yang konsisten dan berkelanjutan agar generasi muda tidak lupa terhadap muasal mereka dan negeri tempat mereka tinggal.

"Bagi masyarakat Islam di Palembang, salah satu langkah wajib untuk menjaga sejarah adalah dengan menggelar ziarah kubro setiap tahunnya," ujarnya.

Ziarah kubro sendiri secara bahasa berarti ‘ziarah kubur’. Bagi masyarakat Palembang, ziarah kubro merupakan kegiatan berziarah massal ke makam-makam para ulama dan pendiri Kesultanan Palembang Darussalam, atau kerap juga disebut ‘waliyullah’.

Ziara kubro Palembang sudah menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat muslim Palembang yang bermukim di sekitar Sungai Musi, khususnya bagi masyarakat komunitas Arab.

Hal yang unik dari ziarah kubro adalah bahwa makam yang disambangi ribuan umat muslim tersebut tidak berpusat di satu tempat saja, melainkan tersebar di berbagai lokasi di Palembang. Mulai dari Kambang Koci 5 Ilir, Kawah Tekurep, hingga ke wilayah Seberang Ulu.

Ziarah kubro dikhususkan bagi kaum laki-laki yang biasanya mengenakan pakaian serba putih. Bisa dipastikan jika kegiatan ini tengah berlangsung, beberapa jalanan di Palembang akan ditutup sementara, karena ribuan muslim berpakaian serba putih akan turun dan memadati jalan-jalan yang ada di Palembang, persis sebuah pawai.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved