Memasyarakatkan Empat Pilar di Desa “Pinggir Alas”

Lapangan seluas sekitar setengah hektar di Dusun Krajan, Desa Wonoyoso, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat malam (26/4/2019)

Memasyarakatkan Empat Pilar di Desa “Pinggir Alas”
Istimewa
Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode Seni Budaya Tradisional Wayang Kulit 

Lapangan seluas sekitar setengah hektar di Dusun Krajan, Desa Wonoyoso, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat malam (26/4/2019) berubah menjadi pusat keramaian.

Di lapangan yang dikelilingi areal persawahan itu sebagian besar terisi oleh lapak-lapak berbagai macam dagangan, mulai dari segala jenis makanan dan minuman, barang kerajinan, hingga pakaian, serta stan istana anak-anak.

Malam itu, di desa yang terletak sekitar 30 km timur Kota Semarang itu memang berlangsung kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode Seni Budaya Tradisional Wayang Kulit.

Kegiatan diselenggarakan oleh MPR bekerjasama dengan pemerintah Desa Wonoyoso. Dan, inilah pementasan wayang yang ketiga kalinya dalam masa tiga bulan Amir Burhanudin menjabat kepala desa Wonoyoso.

Antusiasme warga masyarakat desa menyaksikan pertunjukan ini cukup besar. Selain karena adanya daya tarik dalang kondang dari Rembang, Ki Sigit Ariyanto, S.Sn., pagelaran wayang kulit ini juga bermaksud memberi hiburan kepada masyarakat, sekaligus Sosialisasi Empat Pilar MPR.

Momentum waktunya dipilih pas setelah warga masyarakat usai memberikan hak pilihnya dalam Pemilu serentak beberapa waktu lalu, dan juga menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Maka, tak heran kalau sejak sore hari menjelang pertunjukan para penggemar kesenian wayang kulit sudah berbondong-bondong menuju lapangan, tempat hiburan itu diselenggarakan.

Mereka datang dari berbagai desa di wilayah Kecamatan Pringapus dan sekitarnya. Apalagi di lapangan yang sama pada sore harinya warga masyarakat juga mendapat hiburan pertunjukan Kuda Lumping, sebuah kesenian yang juga digemari warga masyarakat setempat.

Anggota MPR RI Fraksi Nasdem Drs. H. Fadholi hadir mewakili Pimpinan MPR dan sekaligus menyampaikan materi Empat Pilar. Hadir pula Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti Fauziah, SE., MM., disertai Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antar Lembaga, dan Layanan Informasi Humas MPR Muhamad Jaya beserta jajarannya. Sementara pejabat setempat hadir Camat Pringapus Eko Febriantoro, dan Kepala Desa Wonoyoso Amir Burhanudin.

Di depan ratusan pasang mata yang menyaksikan pertunjukan itu, Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti Fauziah dalam sambutannya menjelaskan bahwa MPR memang diberi amanat oleh undang-undang untuk melaksanakan sosialisasi Empat Pilar ke seluruh elemen masyarakat.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved