Depkop

Peran Humas Pemerintah Mendukung Program Prioritas

Humas Pemerintah diharapkan dapat menyampaikan program prioritas pemerintah dengan Komunikasi digital.

Peran Humas Pemerintah Mendukung Program Prioritas
dok. Kominfo

TRIBUNNEWS.COM - Humas Pemerintah diharapkan dapat menyampaikan program prioritas pemerintah dengan Komunikasi digital.

“Sekarang ini kita mengalami transformasi kehidupan dari era fisik ke era digital max," kata Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum Kementerian Kominfo, Henry Subiakto dalam Dialog Interaktif pada Kegiatan Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional Tahun 2016, di Bandung, Kamis (17/11/2016).

Lebih lanjut Henry mengatakan, saat ini, kita sudah berkomunikasi dengan teknologi digital.

“Waktu kita untuk berkomunikasi menggunakan teknologi digital masih sangat terbatas apalagi di daerah. Tapi nanti kedepan anak-anak kita bahkan mungkin juga kita yang dikota, waktunya nanti habis menggunakan teknologi digital. Komunikasi kita hampir semuanya menggunakan teknologi digital, nantinya bisa seorang anak itu waktunya hampir 75 persen aktifitasnya di dunia maya," tambah Henry.

Dalam dialog yang dimoderatori oleh Ismail Cawidu, di paparkan pula Peran Humas Pemerintah oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Rosarita Niken Widiastuti.

Ia menjelaskan, semua masyarakat Indonesia  berhak mendapatkan informasi dan melakukan komunikasi.

Pemerintah menunjuk Kementerian Kominfo untuk mengelola informasi dan komunikasi di tingkat pusat dan di daerah, Kementerian Kominfo bertugas sebagi humas pemerintah yang memberikan hak kepada masyarakat.

"Hak masyarakat sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 huruf f, bahwa seluruh masyarakat Indonesia berhak mendapatkan informasi," ujar Henry.

Sementara itu, dalam rangka menyampaikan informasi, sekarang ini dijalin kembali benang merah yang sudah terjalin pada era Orde Baru. Semua informasi dari pusat, kini bisa di ketahui masyarakat di daerah.

“Kalau sistem komunikasi era orde baru adalah top down semua informasi dari pusat ke daerah, sekarang ini ada satu jalinan informasi yang sudah sangat seimbang dari pusat ke daerah dan dari daerah ke pusat”, jelas Niken.

Dalam upaya mewujudkan hak warga mendapatkan informasi, Kominfo membangun infrastruktur komunikasi.

“Kata kunci dari komunikasi sekarang adalah komunikasi dua arah, mungkin tidak hanya dua tapi multi multi science” ujar Niken Widiastuti.

Niken menyampaikan sesuai arahan Presiden Joko Widodo agar seluruh humas pemerintah bekerja tidak dengan cara-cara lama.

Apa itu dengan cara-cara lama? yaitu tugas humas pemerintah harus sesegera mungkin menginformasikan apa yang akan, yang sedang, dan yang telah dilakukan oleh pemerintah.

“Bapak, Ibu, dari kementerian, lembaga ataupun pemerintah daerah harus sesegera mungkin menginformasikan semua capaian-capaian dari pemerintah”, katanya

Menutup dialognya Niken mengatakan bahwa, ‘inilah khususnya tugas-tugas yang perlu menjadi perhatian kita semua, selaku tugas kita adalah sebagai humas pemerintah atau GPR (Government Public Relation)”.

Editor: Advertorial
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved