• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 2 Agustus 2014
Tribunnews.com

Wisata Bahari Kepulauan Seribu Hanya 60 Menit Dari Jakarta

Minggu, 14 November 2010 21:23 WIB
JAKARTA masih punya pantai pasir putih nan bersih dengan terumbu karangnya yang cukup terjaga. Bahkan di sejumlah tempat terdapat situ-situs menyelam yang menawarkan tingkat kesulitan yang beragam. Dialah Kepulauan Seribu.

Kepulauan yang membentang di utara Jakarta itu sering dilupakan sebagai bagian dari ibukota menawarkan pesona bahari. Tak kalah dengan pesona Pantai Bunaken, maupun pesisir barat Papua.

Kepulauan yang masih termasuk dalam wilayah ibukota itu, menurut Bupati kepulauan Seribu, Ahmad Lutfie, dapat menjadi alternatif bagi siapapun yang ingin menikmati wisata bahari. Lokasi wisata bahari ini hanya berjarak sekitar 60 menit perjalanan dari DKI Jakarta.

Menurutnya, sejak sembilan tahun lalu, Kabupaten Kepulauan Seribu rutin menggelar perhelatan 'Festival Pulau Seribu. Tahun ini kegiatan akan digelar di Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. "Kita ingin menunjukan kepada semua orang, bahwa Pulau Seribu juga memiliki potensi wisata yang luar biasa" ujarnya usai pembukaan fesitval, Minggu (14/10/10).

Menurutnya, festival tersebut antara lain bertujuan untuk memajukan masyarakat Kepulauan Seribu, serta menjaga kelestarian alamnya. Dicontohkannya, sejak maraknya wisatawan di Pulau Pramuka, sejumlah nelayan disana memiliki alternatif profesi. Diluar musim melaut, nelayan menjadi pemandu wisata.

Salah satu warga Pulau Pramuka, Marniah (38), mengaku bahwa sejak maraknya wisatawan mengunjungi pulau tempat tinggalnya, kehidupan ekonominya pun membaik. Perempuan yang kini berprofesi sebagai penjaja makanan ringan itu juga menuturkan, kini warga Pulau Pramuka menjadi lebih bertangung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Untuk wisata kebaharian, di Kepulauan tersebut setidaknya terdapat tiga pulau yang diunggulkan, yaitu Pulau Pramuka, Pulau Tidung dan Pulau Harapan, dimana pantai pasir putih dengan air yang relatif jernih masih bisa ditemukan.

Bagi pencinta olah raga selam, terdapat beberapa tempat yang memang telah diresmikan menjadi dive site, yaitu Semak Daun, dan Pulau Kotok. Sedangkan bagi pencinta sejarah juga tersedia sejumlah pulau yang dapat dikunjungi, antara lain adalah Pulau Onrust dan Pulau Panggang. Dimana masih terdapat sisa-sisa pemukiman Belanda, ketika Nusantara masih dibawah kekuasaan penjajah.
Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
63825 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas