• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 Juli 2014
Tribunnews.com

Nasi Lauk Jimat di Ritual Panjang Jimat

Rabu, 16 Februari 2011 12:03 WIB
TRIBUNNEWS.COM , CIREBON -  Menjelang Pelal Ageng atau ritual Panjang Jimat yang akan digelar Rabu (16/2/2011) malam, sejumlah ibu-ibu di Keraton Kasepuhan dan Kanoman Kota Cirebon sibuk membuat nasi dan lauk jimat. Mereka memasak sejak pagi hari, untuk kemudian dihidangkan dalam acara Panjang Jimat.

Ibu-ibu yang terlibat merupakan kerabat dan abdi dalem keraton. Mereka bahu-membahu membuat nasi dan lauk jimat. Selain itu, ada pula yang membuat rangkaian bunga untuk mempercantik penampilan gunungan yang diarak saat Pelal.

Pada acara puncak atau saat Pelal nanti, nasi dan lauk jimat serta berbagai buah-buahan dan air wewangian yang berasal dari bunga-bungaan diarak dalam sebuah tempat. Dimulai dari keraton dan berakhir di masjid besar.

Di masjid itulah biasanya pembacaan Kitab Barzanji yang merupakan kitab tentang sejarah Nabi Muhammad saw dibacakan. Para imam masjid bertugas membacakan kitab tersebut. Sementara sultan dan kerabat keraton hanya mendengarkan.

Pembacaan Kitab Barzanji diakhiri dengan doa. Lalu acara makan malam pun digelar. Berbagai makanan yang berupa nasi dan lauk jimat serta buah-buahan disantap, dan dibagikan kepada siapa saja yang hadir dalam acara Pelal.

Momen pembagian makanan ini kerap menjadi pemandangan unik. Pasalnya ratusan warga yang turut hadir dalam acara Pelal, saling berebut makanan. Mereka percaya, makanan tersebut bisa memberi berkah dan keselamatan bagi yang menyantapnya.
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas