• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 20 April 2014
Tribunnews.com

Brownies Rendah Kalori, Pas Buat Lebaran

Senin, 22 Agustus 2011 19:25 WIB
Brownies Rendah Kalori, Pas Buat Lebaran
IST
Kue brownies

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari Raya Idul fitri tinggal menghitung hari. Biasanya, di saat lebaran, selain kue kering, pilihan sajian cake, tar, atau brownies juga bisa melengkapi hidangan pelengkap meja. Bila cake dan tar dianggap sudah biasa, liriklah citra rasa brownies. Kue ini identik dengan warna coklat, rasanya sangat manis, serta tinggi kadar kalori dan lemak.

Kondisi ini mengakibatkan orang jarang meliriknya karena takut dengan kelebihan berat badan. Sementara dari pelaku usaha bisnis kue, mereka hampir tidak berani memproduksi dalam jumlah banyak karena ada perbedaan selera konsumen. Ada yang suka rasa sangat manis, manis, dan kurang manis. Sebagian lagi menyukai tekstur kue yang padat, sedang, dan renggang.

Mirasari (40), memadukan semua selera itu dalam kue brownies buatannya yang diberi merek It’s Brownies Time di The Cookie Lady di Jalan Cinere, Jakarta Selatan. Selama lebih dari belasan tahun, Mirasari berhasil menemukan resep dengan citra rasa berbeda daripada kue buatan produsen lainnya.

Selain lembut dan basah, kue buatannya juga memiliki rasa cokelat tinggi. Selain itu, dia mengatur komposisi bahan baku cokelat agar menghasilkan cokelat dengan kadar lemak rendah.

Cokelat berkadar lemak rendah digunakan agar semakin memberikan rasa cokelat pada kue buatannya. Alasan lain menurunkan kadar lemak karena sebagian orang takut mengonsumsi cokelat yang sering dituduh dapat meningkatkan kadar kolesterol darah.

Teknologi pengolahan cokelat menjadikan lemak jenuh ini sudah disingkirkan sebagian agar kakaonya dapat dilarutkan dalam air, dikeringkan menjadi bubuk, atau dicetak menjadi batangan.

Setiap kali menghadapi Lebaran, Mirasari selalu memberikan kreasi baru. Jika sebelumnya tampilan browniesnya berbentuk kotak, seperti kue ini pada umumnya, Lebaran kali ini Mirasari memberikan tampilan spesial. Brownies berbentuk bundar (round brownies). Ini untuk mengusir kejenuhan dari bentuk brownies yang ada selama ini.

Berbagai jenis brownies menjadi pilihan adalah swirl brownies (kombinasi brownies dengan cake keju), fruit macadamia brownies (brownies cokelat yang dicampur dengan buah-buahan, seperti aprikot, ceri, kismis), dan original cheese cake (brownies keju dengan rasa vanili).

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
152380 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas