Minggu, 28 Desember 2014
Tribunnews.com

Anak Tak Suka Sayur? Cobalah Bikin Tempura Sayur

Rabu, 2 Mei 2012 13:45 WIB

Anak Tak Suka Sayur? Cobalah Bikin Tempura Sayur
inforesep.com
Brokoli goreng

TRIBUNNEWS.COM - Menyuruh anak menyantap sayuran bukanlah hal yang mudah. Kalau segala cara sudah dilakukan, seperti memasak sayuran dengan rasa yang berbeda-beda dan anak Anda masih menolak memakannya, cobalah salah satu cara ini.

Anak-anak pasti menyukai masakan yang digoreng bukan? Cobalah menggoreng sayur-mayur tersebut dengan tepung. Kalau di Jepang, sebutan untuk masakan ini adalah tempura. Yang digoreng bukan hanya sayuran, tapi beberapa seafood juga bisa, seperti udang, cumi, atau fillet ikan.

Salah satu sayuran yang digoreng seperti pada gambar adalah terung goreng crispy. Terung yang dipakai adalah terung hijau, karena teksturnya lebih padat dibandingkan dengan terung ungu. Setelah dicuci, tiriskan hingga benar-benar kering, gunakan tisu dapur untuk mengeringkannya. Tanpa perlu mengupas, cukup buang saja pangkalnya, terung dipotong miring dengan ukuran lebar sekitar 1 cm.

Setelah itu celupkan terung pada adonan tepung. Untuk adonan tepung ini, Anda bisa membeli jadi tepung tempura yang banyak dijual di supermarket, kemudian tambahkan air es, dan sebutir telur. Bisa juga membuat sendiri campuran tepung, yaitu tepung terigu dan tepung beras dengan perbandingan 1:2, sedikit merica bubuk, sedikit garam, sebutir telur, dan tambahkan air es untuk mencampur adonannya. Bila Anda suka, bisa ditambahkan kaldu instan.

Setelah itu goreng dalam minyak banyak. Saat menggoreng, tidak perlu dibolak-balik, cukup satu kali saja. Kemudian, tiriskan hingga benar-benar tiris. Gunakan tisu dapur untuk mengeringkan minyaknya. Sajikan dengan saus sambal, atau saus tomat, atau mayones. Lebih baik segera disantap, karena bila terlalu lama terkena udara, rasa crispynya sudah tidak terasa lagi.

Bukan hanya terung yang bisa Anda goreng, tetapi sayuran lain pun bisa. Seperti, kembang kol, bayam, brokoli, wortel, kol, jamur shiitake, atau jamur kancing. Dengan begitu, kita berharap anak-anak tetap makanan gorengan yang sehat. Bisa jadi mereka tidak tahu kalau yang mereka makan adalah sayuran. Selamat mencoba.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Intisari

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas