Pak Bu, Ini Lho Delapan Langkah Mendidik Anak di Era Global

Zaman semakin global, dunia pun bertambah maju. Bagaimana cara yang harus dilakukan orang tua untu mendidik buah hati?

Pak Bu, Ini Lho Delapan Langkah Mendidik Anak di Era  Global
google.image
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - MASUKNYA era globaliasi  telah menjadi wajah dunia yang tak bisa dielakkan. Perkembangan dunia masuk tanpa batas negara dan budaya, seperti perkembangan dan kemajuan teknologi, pergeseran norma sosial. Lantas bagaimana cara yang harus dilakukan orang tua untu mendidik buah hati?

Orangtua masa kini  dituntut  menghadapi tantangan yang cukup berat dalam membesarkan dan mendidik buah hatinya. Salah satunya dituntut untuk mampu mempersiapkan anak yang tangguh agar dapat bertahan dan mampu bersaing menghadapi berbagai tantangan yang akan terjadi.

Menyiapkan generasi yang siap bersaing sejak sekarang hingga 20 tahun yang akan datang menjadi hal yang tak bisa ditawar lagi. Dalam perkembangan dan kemajuan dunia yang kian cepat orangtua dituntut terampil dan tahu perkembangan yang ada, sehingga mampu mendidik anak-anaknya menjadi generasi muda berkualitas.

Untuk itu, penting bagi orangtua untuk mendapatkan pengetahuan yang baik dalam mendidik anak. Peran orangtua menjadi sangat penting sejak anak berusia dibawah lima tahun (golden age period) dan ketika mulai memasuki jenjang pendidikan dasar, karena periode tersebut adalah saat yang tepat menanamkan nilai-nilai agar anak menjadi anak yang life ready di masa depannya.

"Pada prinsipnya, anak life-ready adalah anak yang memiliki kompetensi individual dan sosial," kata  Ratih Ibrahim, Psikolog, Direktur Personal Growth, Counseling & Development Centre, Jakarta di Jakarta kepada Tribunnews belum lama ini.

Ia memaparkan, kompetensi individual yang dimaksud antara lain memiliki pertumbuhan fisik optimal, menunjukkan perkembangan kognitif yang signifikan, serta mengembangkan kecerdasan emosi dan interpersonal.

Nah, mungkin banyak yang bertanya bagaimana membentuk anak sehingga menjadi  Life-Ready. Menurut Ratih setidaknya ada delapan hal yang perlu dilakukan oleh orangtua :

- Orangtua perlu membimbing dan mengajarkan anak tentang bagaimana cara bergaul yang tepat, serta menjadi model yang baik bagi anaknya. Misalnya, orangtua mengajarkan bagaimana cara berinteraksi, bermain, serta bersikap sopan santun yang baik dengan orang lain. Dengan melihat model dari orangtua, anak kemudian akan belajar untuk menerapkan sikap-sikap tersebut dengan lingkungan sosialnya.

- Orangtua untuk menunjukkan contoh-contoh positif kepada anak, dalam hal bertingkah laku.

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help