• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

Orangtua Remehkan Anak, Termasuk Kategori Bullying

Jumat, 6 Juli 2012 10:21 WIB
Orangtua Remehkan Anak, Termasuk Kategori Bullying
Bullying di kalangan anak-anak

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Agustina NR

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bullying pada anak dapat dilakukan oleh teman atau keluarga. Munculnya perilaku ini tak hanya secara fisik, tetapi juga verbal, non verbal, dan lainnya.

Demikian disampaikan Mira D. Amir, Psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPT UI). "Perilaku bullying itu berupa fisik, verbal, non verbal, body gesture. Nggak perlu bicara, mendiamkan teman atau anak itu termasuk bullying, termasuk tidak mengapresiasi prestasi," papar Mira.

Mira menyontohkan bullying di keluarga dalam bentuk verbal, seperti 'kayak gitu aja kamu nggak bisa?', 'kamu nggak seperti papa kamu', 'kok kamu kayak gini sih?', dan kalimat merendahkan lainnya.

Masih menurut Mira, nilai-nilai keluarga masih sangat tipis antara menempa anak untuk tumbuh kuat (sehingga dikondisikan jadi anak yang tahan banting sampai babak belur) dan bullying.

"Padahal anak yang kuat dan tangguh secara fisik dan mental tidak perlu diperlakukan seperti itu. Akumulasi perlakukan orangtua dan tekanan lingkungan cukup untuk melakukan bunuh diri."

Untuk menghindari hal tersebut, jadilah teman sekaligus orangtua bagi anak. Apalagi anak yang menginjak pra pubertas yang mengalami perubahan hormon yang luar biasa. Anak pra pubertas senang dengan nongkrong atau ngobrol dengan teman-temannya, makan banyak, setelah pulang sekolah pergi dengan teman, atau bangunnya telat, capai, suka main.

Orangtua jangan khawatir jika anak seperti itu, hal itu karena perubahan hormon, nantinya tubuh si anak akan pulih kembali. Anak pubertas bukan anak rumahan lagi, dia banyak teman, main di luar rumah.

"Sebagai orangtua sebaiknya kita membangun komunikasi dan rasa saling percaya dengananak-anak kita," tambah Mira. (Agustina N.R)

Baca artikel menarik lainnya


Editor: Agung Budi Santoso
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
698311 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas