• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 20 April 2014
Tribunnews.com

Racikan Masker Buah Penyegar dan Pengencang Kulit Wajah

Rabu, 15 Agustus 2012 09:30 WIB
Racikan Masker Buah Penyegar dan Pengencang Kulit Wajah
Istimewa
Masker penyegar wajah berbahan buah-buahan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Puasa bukan alasan untuk tidak bisa tampil dengan wajah segar bugar dan cantik.

Meski bulan puasa tetap saja sebagai wanita harus bisa tampil dengan wajah yang terlihat segar, tidak boleh terlihat lesu dan kusam. Untuk itu kita perlu melakukan perawatan wajah, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan yakni kulit cerah bersinar.

Di bulan puasa ini kita bisa melakukan perawatan wajah alami di rumah. Sambil menunggu buka puasa daripada tidak melakukan kegiatan apapun, lebih baik coba membuat masker perawatan wajah alami.

Tinggalkan sejenak berbagai macam produk kosmetik yang tidak alami, beralihlah kepada racikan masker yang alami dari buah-buahan dan bahan-bahan yang biasanya dikonsumsi sebagai makanan.

Buah mengandung nustrisi yang sangat baik untuk kulit, mulai dari yang untuk meremajakan kulit, menghilangkan  kerutan di wajah sampai perawatan pemutih

Tips perawatan wajah alami secara cepat, adalah sebagai berikut :

1 Alpukat
Baik untuk merawat kekenyalan wajah. Lumatkan alpukat hingga halus, lalu oleskan ke wajah dan biarkan beberapa saat hingga mengering. Kemudian bersihkan wajah dengan air hangat.

2 Mentimun
Selain untuk menghilangkan noda di wajah, mentimun dapat pula digunakan untuk mendinginkan wajah. Parut mentimun, kemudian gosokkan dengan lembut pada wajah. Atau biarkan menempel selama beberapa saat di wajah hingga terasa dingin.

3 Bengkuang
Ini juga baik untuk mengencangkan kulit wajah. Kupas dan parut bengkuang, kemudian endapkan beberapa saat hingga air dan ampasnya terpisah. Lulurkan ampasnya di wajah, kemudian bersihkan dengan air suam-suam kuku.

4 Wortel
Buah ini kaya akan bekaroten. Cara pemakainnya pun sama dengan bangkuang. Lakukan perawatan dengan wortel seminggu sekali.

5 Tomat
Warnanya yang merah dengan rasa sedikit asam dapat diaplikasikan pada wajah yang akan membuat kulit wajah lebih halus dan merona alami.

Cara membuat dan menggunakan:  iris buah tomat, gosokkan pada wajah, cara lain adalah dengan memeras buah tomat, ambil airnya untuk dioleskan pada wajah.

6 Labu kuning  
Buah yang populer di hari Halloween ini ternyata bisa dijadikan pelembap kulit atau masker pengelupas, tergantung kombinasi yang digunakan. Enzim yang terdapat dalam labu kuning membuat kulit tampak lebih muda karena memiliki kandungan vitamin A dan C yang efektif sebagai antioksi dan dan juga sebagai zat yang mempercepat pemulihan dan pembentukan jaringan.

Selain itu, labu kuning juga mengandung mineral seperti zinc, potassium dan copper yang bermanfaat untuk keindahan kulit.

Keistimewaan labu kuning dibanding bahan alami lainnya adalah kandungan enzim yang berfungsi mirip dengan alpha-hydroxy seperti pada produk-produk pemutihan dan peremajaan kulit. Enzim ini efektif mengangkat sel kulit mati biang penyebab wajah kusam, kasar dan nampak tidak bercahaya. Dengan kandungan enzim ini, lengkap sudah manfaat labu kuning untuk peremajaan kulit.

Untuk membuat perawatan wajah sendiri di rumah menggunakan labu kuning berikut ini cara membuatnya: Anda memerlukan 8 ons labu kuning rebus, 12 butir kacang almond cincang, 1/4 cangkir madu dan 1/8 sendok teh minyak zaitun.

Blender semua bahan hingga halus, lalu terapkan pada seluruh wajah dan biarkan selama lima menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini seminggu sekali agar kulit lembut dan cerah.

Disamping itu, kulit labu kuning juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Membantu menenangkan dan meredakan iritasi kulit secara alami, serta membantu memperbaiki kerusakan kulit pasca penyembuhan jerawat.

7 Putih Telur & Madu
Putih telur dan madu bermanfaat untuk menghilangkan keriput yang muncul di wajah kita.  Cara menggunakannya: campurkan dengan madu. Lalu, oleskan pada permukaan wajah hingga rata. Pijat-pijat sebentar dengan 2 jari, lalu diamkan selama setengah jam. Jika telah mengering, bilaslah dengan air hangat dan air dingin secara bergantian.

Sebelum mengaplikasikan masker pada wajah, jangan lupa untuk mencuci atau membersihkan wajah terlebih dahulu. Anda dapat juga menguapkan wajah atau membasuh wajah dengan air hangat agar pori-pori wajah terbuka, dan mampu meresap nutrisi dari masker. Meski berpuasa, wajah akan terasa segar dan terlihat cerah selalu. (El Rany )

Baca berita terkini lainnya

Penulis: Agung Budi Santoso
Sumber:
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
833592 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas