Kamis, 27 November 2014
Tribunnews.com

Ini Gaya Koleksi New York Fashion Week Spring 2013

Minggu, 16 September 2012 11:50 WIB

Ini Gaya Koleksi New York Fashion Week Spring 2013 - Koleksi_Musim_Semi_2013_Marc_Jacobs.jpg
AFP
Koleksi musim semi tahun 2013 rancangan Marc Jacobs
Ini Gaya Koleksi New York Fashion Week Spring 2013 - Koleksi_Musim_Semi_2013_Michael_Kors.jpg
AFP
Koleksi musim semi tahun 2013 rancangan Michael Kors

TRIBUNNEWS.COM -  Musim semi tahun depan, ranah mode dunia diperkirakan akan didominasi oleh busana bermotif garis, detail cut-out, dan warna-warna gelap dengan sentuhan warna cerah. Setidaknya itulah yang terlihat pada beberapa koleksi perancang yang ditampilkan dalam perhalatan Mercedes-Benz New York Fashion Week Spring 2013, yang berlangsung 5-13 September lalu di New York City, AS.

Motif garis dan grafis geometris menjadi salah satu kunci utama koleksi musim semi tahun depan. Marc Jacobs, Michael Kors dan Tommy  Hilfiger adalah sederetan perancang kondang yang bereksperimen dengan motif ini.

Untuk koleksi musim semi lini pertamanya, Marc, yang juga menjabat sebagai creative director Louis Vuitton, banyak menampilkan gaun panjang jersey berlengan panjang dan bersiluet lurus yang semuanya dipenuhi motif garis, dalam nuansa pop-art ala tahun 1960an, dengan didominasi warna kromatik, hitam-putih dan putih-nude.

Warna musim semi yang biasanya identik dengan warna cerah, kali ini diterjemahkan Marc dan desainer lainnya menjadi lebih kelam.

Berbicara soal motif, jelas betul kalau Marc sangat mengandalkan motif garis sebagai fashion statement-nya, tidak ada dekorasi sana-sini yang menghiasi koleksinya ini. Aksesori pun jarang terlihat, hanya beberapa tas tangan saja yang juga bermotif garis.

Motif garis ada yang dibuat lurus dan bersusun, vertikal maupun horisontal, adapula yang asimetris, hingga garis yang melengkung, seperti spiral. Motif kotak pun juga tidak tertinggal.

Perpaduan yang unik antar motif tersebut membuat koleksi Marc ini terasa spesial. Pasalnya, Marc adalah perancang yang dikenal dengan desain dan motif pakaian yang sederhana tapi tetap chic. Namun, berkat nuansa monokromatik, unsur kesederhanaan ala Marc masih bisa terasa ditengah tabrak motif yang cukup "berani" itu.

Seperti yang terlihat pada salah satu set gaun two-piece hitam-putih. Marc memadukan atasan berlengan panjang yang bermotif garis horizontal dengan rok panjang yang motifnya menyerupai barcode dan kotak kecil.

Hal serupa juga terlihat dalam koleksi milik seniornya, Michael Kors dan Tommy Hilfiger. Tapi kalau Marc sedikit bernuasa gelap, dua desainer ini memberikan sedikit percikan warna pada busana-busana yang didominasi motif garis.

Blouse berlengan panjang, dengan motif garis-garis horisontal, dua warna, seperti merah-hitam atau hijau-hitam, serta jaket dan jas hitam-putih dengan motif garis grafis mewarnai koleksi Michael yang terbaru.

"Garis grafis, rona yang berani, dan geometris yang glamor.. rona berani matahari, daun palma dan langit," tulis juri acara "Project Runway" di akun Twitter-nya menjelaskan koleksinya itu.

Tommy Hilfiger, yang terkenal dengan desainnya yang bernuansa nuatical dan busana rajutan, banyak menampilkan shirtdress dengan motif garis dalam palet warna merah, biru, hitam dan putih.

Detail Cut-Out

Musim semi tahun depan sepertinya akan memaksa Anda untuk membentuk tubuh seseksi mungkin pasalnya pada musim tersebut, Anda akan diperhadapkan dengan busana-busana berdetail cut-out. "Celah" yang dibentuk detail tersebut tentu saja akan mengekspos beberapa bagian tubuh Anda.

Detail cut-out begitu kental pada koleksi  musim semi bernuansa futuristik rancangan desainer berdarah Asia Alexander Wang.

Ia membuat busananya yang kali ini didominasi bahan kulit dan warna hitam dan putih tampak seperti busana yang terpotong-potong, lalu ingin disatukan kembali namun kali ini dibuat tidak melekat satu sama lain.

Seperti yang terlihat pada sebuah gaun hitam bersiluet jam pasir rancanganya. Tampak garis leher halter-neck terpisah dari bagian bodice gaun. Sisi kiri dan kanan gaun pun diberi jarak sekitar 4 cm dari bagian bodice, mengekspos sedikit bagian perut, selangkan hingga paha.

Untuk tampilan yang lebih kasual, Alexander menghadirkan celana pendek bermuda yang dipadukan dengan kemeja putih yang dilapisi blouse atau jaket kulit dengan detail "sayatan" sebagai aksen.

Tidak hanya busana saja, aksesori pun juga hadir dalam detail cut-out,  misal sebuah boot hitam yang apabila dilihat dari tampak depan, modelnya seperti gelang-gelang yang disusun melayang di udara.

Victoria Beckham, yang pertama kali menampilkan koleksinya di ajang pekan mode ini pada 2008, juga ikut mengadopsi gaya ini, namun dalam cara yang elegan dan feminin.

Di tangan dingin istri David Beckham itu, detail tersebut hadir dalam beberapa kemeja putih berbahan kanvas dan sheer yang beberapa bagiannya - misal bahu atau dada -dihiasi dengan bidang kecil berisi detail cut-out bermotif geometris kecil nan indah.

"Tahun ini, kami lebih fokus pada tekstur dibandingkan warna," kata ibu empat anak itu tentang koleksinya yang didominasi juga warna hitam.

Menurut prediksi New York, tren tersebutlah yang akan mewarnai ranah mode musim semi 2013. Lalu, bagaimana dengan London, Paris, dan Milan? Kita tunggu saja saat pekan mode di kota-kota tersebut terlaksana dalam beberapa minggu ini.

LIFESTYLE POPULER

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Widiyabuana Slay
Sumber: Tribun Jakarta

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas