• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribunnews.com

Sepatu Ini Terkesan Merek Impor, Padahal Bikinan Garut!

Selasa, 18 September 2012 15:08 WIB
Sepatu Ini Terkesan Merek Impor, Padahal Bikinan Garut!
TRIBUNNEWS/ AGUSTINA NR
Sepatu kulit domba produk Garut

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
Gelaran pameran produk dalam negeri bertajuk "Indonesia Creative Center" (ICC) menghadirkan berbagai jenis produk dari usaha kecil dan menengah dari berbagi daerah.

Salah satu yang menyedot perhatian adalah merek Lutfi Leather Craft dari Garut. Usaha yang berdiri sejak tahun 1962 ini menawarkan tas, jaket, sepatu, topi, ikat pinggang, dan gantungan kunci dari kulit domba Garut dan kulit sapi.

"Untuk jaket, kami menggunakan kulit domba Garut, karena hasilnya lebih bagus dan halus. Kalau sepatu, tas, ikat pinggang dompet, dan lainnya pakai kulit sapi, karena kulitnya kuat dan awet," jelas Hisyam, penanggung jawab di gerai Lutfi Leather Craft (LCC) kepada Tribun, Selasa (18/9/2012), di Jakarta.

Produk yang dihasilkan di Sukaregang, Garut, Jawa Barat ini sangat mengedepankan kualitas, terutama pada pembuatan Jaket. LCC selalu menggunakan domba Garut. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas barang dan kualitasnya lebih bagus dibandingkan kulit domba Australia.

"Kami terkenal dengan jaketnya, tetapi ada banyak juga yang beli topi dan tas buat perempuan," lanjut Hisyam. Untuk harga, produk ini dibanderol lumayan terjangkau. Jaket sekitar Rp 700 ribu - Rp 1,5 juta, tas dan topi Rp 100 - Rp 600 ribu, sepatu dan sandal Rp 100 - Rp 250 ribu, dan gantungan kunci sekitar Rp 10 ribu.

Tetapi harga produk dapat melambung hingga Rp 10 juta jika ketersediaan bahan baku melonjak tinggi dan kerumitan desain yang diinginkan sang pelanggan. "Harga barang dipengaruhi naiknya harga obat dunia, karena kami mesih menggunakan obat impor untuk penyamakan kulit, dan susah atau tidaknya domba."

Namun, dengan harga yang tertera, pelanggan pantas membelinya. Pasalnya, LCC juga memberikan service bagi pelanggannya. Seperti mengganti furing dalam pada tas, menambah cat kulit, atau reparasi produk kulit dari merek lain.

Produk LCC dapat dijumpai ICC, Sarinah Thamrin, serta pameran kerajinan tangan lainnya, baik di dalam maupun luar negeri.

"Sudah setahun ini kami menjadi UKM Binaan Pegadaian, mereka membantu kami soal manajemen, promosi, pinjaman dana sampai 100 juta, dengan bunga cuma 6%, kalau di bank kan dua kali lipatnya," jelas Hisyam.

Menilik penampilan luar, produk sepatu dari berbahan kulit sapi bikinan Garut ini seolah tak kalah unggul dibanding sepatu bermerek kualitas impor yang dipajang di mal-mal. Bisa jadi Anda mengira ini bikinan luar negeri, padahal Garut punya! Oke, bukan? (Agustina N.R)

Baca artikel menarik lainnya

Penulis: Agustina Rasyida
Editor: Agung Budi Santoso
0 KOMENTAR
943522 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas