• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 21 April 2014
Tribunnews.com

Begini Cara Tepat Menyimpan Makanan

Senin, 24 September 2012 13:45 WIB
Begini Cara Tepat Menyimpan Makanan
NET

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tidak sedikit orang mengonsumsi makanan setelah tanggal kadaluarsa. Ternyata hal ini terjadi karena kesalahan ketika melakukan penyimpanan makanan.

Jika anda ternyata tidak mampu untuk mengonsumsi semua yang anda beli minggu itu, ada cara untuk memperpanjang masa simpan bahan makanan segar dengan penyimpanan tepat dalam kulkas.

Berikut ini tips penyimpanan yang tepat menurut Tanti Olivia, Product Marketing Manager - Kitchen Appliances PT Electrolux Indonesia :

- Jangan isi kulkas terlalu banyak

Untuk memulai, cek kulkas dan isinya agar memungkinkan sirkulasi udara mengalir dengan baik. Hal ini sangat penting untuk pendinginan dan pembekuan yang tepat karena sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan suhu menjadi berbeda di tiap bagian. Kulkas pun menjadi tidak efisien dalam beroperasi karena menggunakan listrik lebih dari yang seharusnya.

Temukan dimana ventilasi udara dalam kulkas, pastikan anda tidak menutupnya. Jangan memenuhi isi kulkas terlalu banyak dan sisakan ruang antara produk untuk memungkinkan adanya sirkulasi udara.

- Memisahkan dan mengatur
Pernahkah anda mendengar perkataan "Satu buah apel busuk akan merusak yang lainnya dalam keranjang"? Hal ini disebabkan karena sebuah apel yang busuk, mengeluarkan banyak gas etilene yang akan mempercepat matangnya atau busuk apel lainnya. Jika anda menyukai apel dingin, tempatkan mereka dalam tas plastik sebelum menempatkannya di sebelah produk lain. Sama halnya, jangan menyimpan tomat dan timun bersebelahan tanpa dibungkus terlebih dahulu.

Selalu tempatkan susu dalam rak, bukan dalam pintu kulkas, karena produk yang disimpan di dalam pintu kulkas lebih sering terpapar suhu ruangan. Ruang pintu kulkas sebaiknya diperuntukkan bagi produk yang memiliki daya tahan lebih lama dibanding susu, seperti soda, bumbu-bumbu dan saus salad. Telur sebaiknya disimpan dengan posisi terbalik, dengan bagian yang lebih besar menghadap ke atas - cara ini dapat membuatnya segar selama seminggu.

Tempat dimana Anda menaruh makanan sangat berpengaruh. Sayuran sebaiknya ditempatkan di laci sayuran, dimana produk akan lebih bisa bertahan dari perubahan suhu, sedangkan makanan yang diawetkan dapat ditempatkan di dalam pintu kulkas.

- Bungkus makanan Anda
Jangan pernah tinggalkan makanan di kulkas tanpa ditutup terlebih dahulu. Makanan tersebut bisa jadi mengandung bakteri yang akan berpindah ke daging mentah dan sisa makanan lainnya, dan merusaknya sebelum waktunya. Cobalah untuk menggunakan bungkus tertutup untuk menyimpan makanan yang terbuka atau bungkus makanan tersebut dalam aluminum foil  sebelum menempatkannya di freezer.

- Atur kelembabannya
Melihat jenis makanannya, penyimpanan dalam air akan menjaga makanan supaya tetap kering dan segar lebih lama, seperti ketika menyimpan lobak. Untuk makanan lainnya seperti buah-buahan dalam laci buah, tempatkan serbet kertas yang bersih di dasar laci yang akan menyerap kelembaban yang berlebih dan menjaga makanan dari pembusukan lebih cepat.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Anita K Wardhani
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
962192 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas