• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 22 Juli 2014
Tribunnews.com

Cara Menilai Kepribadian Seseorang dari Sepatu, Baju dan Kosmetiknya

Selasa, 11 Desember 2012 14:48 WIB
Cara Menilai Kepribadian Seseorang dari Sepatu, Baju dan Kosmetiknya
Tribun Jakarta/JEPRIMA
Anda bisa menebak kepribadian Syahrini dari model sepatu, baju, kosmetik bahkan caranya tersenyum.

TRIBUNNEWS.COM
"Jangan menilai orang dari luarnya saja," berikut adalah nasihat yang baik dan memang sudah seharusnya seperti itu. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa orang tak dapat menahan diri untuk membuat asumsi terhadap orang lain saat pertama kali bertemu.

Katakanlah Anda berpapasan dengan orang asing, melihat perempuan memasuki ruangan, melihat tingkah polah orang di mal, resto atau bioskop. Anda pasti mempunyai asumsi: dia sombong, malas, dia kaya dan ramah, gadis kecil itu nakal. Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang orang pikirkan tentang Anda saat melihat Anda pertama kali?

"Dalam menarik sebuah asumsi yang positif, cara Anda menempatkan diri dan berpenampilan lebih penting ketimbang wajah cantik," kata Brandy Mychals, penulis  buku "How to Read a Client from Across the Room" (McGraw-Hill, 2012). "Bahkan dalam sebuah wawancara kerja, pewawancara bisa sudah mengambil keputusan sebelum Anda duduk."

Lalu pertanyaannya sebenarnya apa sih yang menjadi perhatian pertama kali orang melihat kita?  Berikut adalah lima hal yang orang perhatikan pertama kali saat melihat Anda.

1. Sepatu
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Research in Personality, peneliti menemukan fakta bahwa orang-orang bisa secara akurat menebak usia orang asing, jenis kelamin, dan penghasilannya hanya dengan melihat sepatu mereka.

Mereka juga terkait ciri-ciri kepribadian tertentu dengan sepatu yang berbeda. Sepatu yang lebih maskulin dianggap dikenakan oleh orang kurang menyenangkan, sementara sepatu stylish atau menarik diasumsikan dikenakan oleh orang yang kaya. Dan orang-orang yang mengenakan sepatu ankle boots diasumsikan agresif.

2. Kosmetik
Sedikit pulasan make-up tak hanya akan membuat Anda terlihat cantik tapi juga percaya diri. Dalam sebuah studi yang didanai oleh Proctor & Gamble dan dilakukan oleh Harvard University, orang mengatakan perempuan mengenakan sedikit make-up lebih menyenangkan, kompeten, dan dapat dipercaya dibandingkan dengan perempuan berwajah polos.

Tetapi jangan menggunakan make-up berat. Sebab meski make-up membuat wanita terlihat lebih menarik, kompenten dan dapat dipercaya, akan tetapi jika dikenakan berlebihan justru asumsinya terbalik menjadi tidak bisa dipercaya dan tidak jujur.

 
3. Senyum
Awal tahun ini, sebuah studi yang didanai oleh Invisalign mengungkap mereka yang memiliki senyum lurus dan gigi rapi dianggap lebih bahagia, lebih cerdas, lebih sukses dan populer dibandingkan dengan mereka yang senyumnya miring dan gigi berantakan.

Bahkan 38 persen juga mengatakan gigi buruk akan membunuh kemungkinan kencan pertama berlanjut. Di dunia profesional pun mengeluarkan fakta cukup unik, hampir setengah responden mengatakan bahwa ketika mereka dihadapkan pada pilihan antara dua calon karyawan dengan keterampilan dan pengalaman sama, calon dengan senyum indah dan gigi rapi yang akan dipekerjakan.

4. Pakaian
Perempuan yang mengenakan rok dianggap menghasilkan uang lebih banyak dan lebih percaya diri dibandingkan yang mengenakan pantsuits dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas of Hertfordshire. Para peneliti mengatakan rok menyeimbangkan profesionalisme dengan daya tarik tanpa provokatif.

Mengenakan pakaian yang tepat juga dapat mengubah persepsi diri. Peneliti di Northwestern University's Kellogg School of Management menemukan fakta siswa yang mengenakan jas lab putih melakukan percobaan ilmiah lebih baik dibandingkan mereka yang mengerjakan pakaian biasa.  

5. Tubuh tegap
Cukup dengan berdiri tegak dapat berbicara banyak. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Psychological Science, yang disebut "posture expansiveness" berdiri tegak tidak hanya membuat Anda tampil lebih percaya diri dan berwibawa, Anda akan benar-benar berpikir dan bertindak seperti itu. Postur penting bahkan dapat memberi Anda rasa kekuasaan, kata peneliti. (Hesti Pratiwi/Sumber: Shape)

Baca Artikel Menarik Lainnya

Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas