• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 17 April 2014
Tribunnews.com

Daging Ayam Organik Sehat dan Lezat

Sabtu, 22 Desember 2012 08:02 WIB
Daging Ayam Organik Sehat dan Lezat
TRIBUN JABAR
Olahan ayam organik dijamin sehat dan rasanya tak kalah lezat.

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - HIDANGAN sehat ternyata tidak melulu soal sayuran. Daging ayam yang dijadikan menu favorit banyak orang ini juga bisa jadi hidangan sehat. Ayam organik namanya. Tidak kurang dari dua tempat makan di Bandung menawarkan menu yang berbahan dasar ayam organik. Selain sehat, konon ayam organik juga punya rasa dan tekstur yang lebih baik dari ayam biasa.

Ada Origin dan Rumah Makan Sehat Organik GeTol. Kedua tempat makan ini punya konsep yang berbeda satu sama lain. Baik interior maupun menu-menu yang ditawarkan. Tapi keduanya sama-sama mengutamakan hidangan sehat untuk dinikmati para tamu.

Origin menawarkan konsep tempat makan yang nyaman. "Konsepnya house and kitchen. Untuk interior kami mencari apa saja yang ada di rumah untuk dibawa ke sini. Kami juga punya dapur terbuka jadi tamu bisa melihat langsung proses memasak," kata Manajer Operasional Origin, Riadi Suwarno, saat ditemui Tribun Jabar (grup Tribunnews.com) Selasa (27/11/2012) siang.

Tidak hanya kenyamanan dan ketenangan, keseimbangan juga menjadi kata kunci lainnya. Di sini, ucap Riadi, kami menawarkan gaya hidup yang seimbang. "Antara healthy dan yang biasanya. Beberapa bahan masakan kami merupakan bahan organik. Meski tidak seluruhnya healthy food, kami tetap berusaha menyeimbangkannya," tambah Riadi.

Salah satu menu yang menjadi andalan tempat makan yang berlokasi di Jalan Sumatra itu adalah Honey Roasted Organic Chicken milik Origin. Sesuai namanya, menu ayam yang dtawarkan itu dimasak dengan bumbu madu dan dipanggang.

Setengah ekor ayam organik direbus dengan bumbu rempah Indonesia dan madu selama 45 menit dengan api kecil. Setelah matang, ayam kemudian dibakar dan dipanggang sebelum disajikan kepada tamu. Disajikan bersama saus lemon madu, nasi dan grilled vegetable, menu ini bisa jadi menu makan siang yang mengenyangkan. Menu ini pun terbilang sehat karena menggunakan ayam organik yang bebas pakan kimia. Seporsi menu ini ditawarkan Rp 42.500.

Tempat lain yang menawarkan menu olahan ayam organik adalah Rumah Makan Sehat Organik GeTol. Berbeda dengan Origin yang menonjolkan konsep interior yang natural, rumah makan yang berlokasi di Jalan Terusan Buahbatu itu menonjolkan menu-menu makanan pinggir jalan.

"Menu-menu yang kami tawarkan di sini merupakan menu-menu favorit yang biasanya ada di pinggir jalan. Tapi kami olah dengan cara yang lebih sehat dengan bahan yang sehat pula," ujar dr Meirita, pemilik Rumah Makan Sehat Organik GeTol, saat ditemui pada Senin (17/12) siang.

Awal mula wanita berjilbab ini membuka tempat makan yang menawarkan menu-menu organik adalah karena sangat sulit mencari tempat makan yang menawarkan menu sehat. "Dan rata-rata menu favorit keluarga saya yang dijual di pasaran kurang mengutamakan sisi kesehatannya," tambah lulusan Fakultas Kedokteran Unpad itu.

Ia lalu membuka tempat makan dengan menawarkan berbagai menu yang jadi favorit banyak orang. Ada ayam goreng, bebek goreng, bubur ayam, chicken nugget, dan bakso ayam yang kesemuanya terbuat dari bahan alami dan organik. "Pengolahannya pun sehat. Kami tidak pakai vetsin, penyedap, dan zat kimia lainnya. Semua pakai bumbu yang diolah sendiri," jelas wanita  yang pernah mengajar Farmakologi di Unisba itu.

Paket menu ayam goreng organik terdiri dari nasi organik, bisa nasi putih, nasi merah, atau keduanya; dua jenis sambal, sambal merah yang pedas atau sambal hijau yang tidak terlalu pedas; kol goreng atau kol rebus; timun; dan tentunya sepotong ayam organik goreng.

Ayam dan bebek organik yang digunakan sebagai bahan baku utama diperoleh tempat makan yang kini sudah punya dua cabang lain dari berbagai produsen di beberapa daerah. "Dari peternakannya, begitu menetas ayam langsung diberi tetesan madu dan jinten hitam. Ayam tidak divaksin sehingga terhindar dari bahan kimia. Untuk pakannya pun dibuat sendiri dengan racikan tertentu," cerita Meirita.

Dengan begitu, daging ayam selain lebih sehat juga punya tekstur daging yang kering dan berserat seperti daging ayam kampung tapi tetap lembut dan tidak anyir.

Menu-menu organik di tempat ini ditawarkan mulai Rp 8.000 hingga Rp 23.000 per porsi.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1245002 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas